• KANAL BERITA

Kajian Pusat Pemerintahan Perlu Disampaikan

Foto: istimewa
Foto: istimewa

UNGARAN, suaramerdeka.com - Sekretaris Fraksi Hanura DPRD Kabupaten Semarang, Mangsuri mempertanyakan perkembangan kajian rencana pusat pemerintahan yang dilakukan Pemkab Semarang.

Menurut dia, rencana tersebut sudak masuk ke Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2021 Kabupaten Semarang dan dari pantauannya, pada pertengahan 2017 kemarin masih dalam kajian tim. “Ini sudah kali ketiga kami tanyakan, setelah rencana tadi digulirkan Bupati Semarang akhir 2016 silam. Tetapi sampai kini, belum ada kabar lanjutan,” katanya.

Jika sudah ada hasil kajian tim, lanjutnya, rinciannya perlu diketahui oleh masyarakat Kabupaten Semarang. Apalagi hal itu telah tertuang dalam RPJMD yang merupakan cerminan dari program, visi, misi Pemkab Semarang. “Perlu sosialisasi kepada masyarakat, penyiapan lahan untuk masuk ke tahap pembangunannya. Semua proses itu, butuh waktu lama. Apabila lancar, paling cepat dua tahun pascakajian itu dinyatakan selesai,” imbuhnya.

Mengacu pemerataan aksesbilitas masyarakat Kabupaten Semarang, Mangsuri berharap Pemkab Semarang serius dalam melaksanakan program tersebut. “Jangan sampai berakhir pada wacana tanpa adanya realisasi,” tegas dia.

Terpisah, Kepala Badan Perencanaan Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Barenlitbangda) Kabupaten Semarang, Anang Dwinanta ketika dikonfirmasi membenarkan bila kajian rencana pemindahan pusat pemerintahan sudah selesai dilakukan. Menindaklanjuti hal itu, baru-baru ini pihaknya telah membentuk tim percepatan. “Tim percepatan diketuai oleh Sekda Kabupaten Semarang, menyusul ruang lingkupnya luas,” kata dia.

Dirinya menyebutkan, dari beberapa kajian yang dilakukan tim akhirnya mengkerucut ke opsi atau pilihan lokasi di wilayah Bawen. Adapun lahannya, rencananya sebagian hendak menggunakan lahan milik PTPN IX. “Namun perlu menunggu perubahan Perda RTRW, karena masuk wilayah PTPN di Bawen. Untuk bisa dibangun perkantoran, kan harus mengubah RTRW dahulu,” ujarnya.


(Ranin Agung/CN26/SM Network)