• KANAL BERITA

Len-ASDP Kerja Sama Hadirkan Sistem Digital Ticketing

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - PT Len Industri (Persero) digandeng PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) guna melakukan pengembangan layanan system digital ticketing. Sistem itu diproyeksikan guna mendukung proses bisnis angkutan penyeberangan di atas kapal dan optimalisasi energi terbarukan di kapal dan kawasan milik angkutan penyeberangan.

Penandatanganan nota kesepahaman atau MoU dilakukan oleh Direktur Utama PT Len Industri, Zakky Yasin Gamal dengan Direktur Utama PT ASDP  Ira Puspadewi di Bandung, Rabu (11/7). "Ini kerja sama yang strategis dalam bidang digitalisasi untuk mendukung aktivitas bisnis angkutan penyebrangan dengan tujuan memberikan pelayanan yang optimal untuk aktivitas pelayanan penumpang kapal ferry," katanya.

Ruang lingkup mencakup layanan sistem tiket serta verifikasi data penumpang dengan menggunakan sistem QR Code Reader. Sinergi BUMN tersebut juga untuk melakukan pengembangan sistem dan infrastruktur tiket yakni barcode scanner dan sensor klasifikasi kendaraan.

Sistem yang dikembangkan dilengkapi dengan catu daya yang memanfaatkan energi terbarukan tenaga surya. Dengan demikian, sistem tersebut berjalan secara terpadu. Ira Puspadewi mengharapkan kerja sama tersebut dapat meningkatkan kinerja bisnis kedua belah pihak. “Kerja sama ini bakal mengoptimalkan potensi bisnis masing-masing perseroan yang dilakukan dengan prinsip saling menguntungkan kedua belah pihak," katanya.

Sebelumnya, BUMN Strategis itu berkerjasama dengan Pelni. Cakupannya berupa pembangunan sarana dan prasarana telekomunikasi dan informasi berupa layanan internet serta sistem pengawasan untuk 26 kapal milik perusahaan pelayaran tersebut.


(Setiady Dwi/CN26/SM Network)