• KANAL BERITA

Abrasi, Jalan Tanjungsari-Widuri Terancam Putus

TERANCAM ABRASI: Jl Tanjungsari-Widuri terancam abrasi, bahu jalan mulai terkikis dan banyak sampah di atasnya. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)
TERANCAM ABRASI: Jl Tanjungsari-Widuri terancam abrasi, bahu jalan mulai terkikis dan banyak sampah di atasnya. (suaramerdeka.com/Ali Basarah)

PEMALANG, suaramerdeka.com - Jalan wisata di tepi pantai Tanjungsari, Kelurahan Sugihwaras-Widuri, Kecamatan Pemalang tergerus abrasi air laut, sehingga bangunan pengaman rusak dan menggerus bahu jalan. Untuk mengatasi agar tidak bertambah parah perlu koordinasi antarpemangku kepentingan.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUTR) Supriyantopo,"Terkait langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengatasi ancaman terhadap Jl Tanjungsari-Widuri kami membutuhkan koordinasi antar-stakeholder."

Menurutnya sebelum mengatasi ancaman terhadap jalan diperlukan penanganan terhadap abrasi terlebih dahulu sehingga penanganan bersifat berkelanjutan tidak parsial.

Terpisah Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Mohamad Sidik melalui Kabid Pengendalian dan Konsrvasi Lingkungan Raharjo mengatakan abrasi pantai sudah menjadi kewenangan pemerintah provinsi. "DLH hanya sebatas mengatasi sempadan pantai," kata Raharjo.

Menurutnya abrasi di jalan tersebut lantaran terjadi angin timur. Faktor dominan terjadinya abrasi adalah angin timur. Untuk mencegah adalah dengan melakukan penghijauan.

"Kita bisa mencegah atau mengurangi dampak abrasi dengan melakukan penanaman vegetasi sesuai dengan karakteristik tanaman masing-masing lokasi," ujarnya.

Adapun tanaman yang cocok di Tanjungsari adalah jenis cemara laut atau siapi api. Tanaman tersebut sudah ditanam di pantai yang satu karakter dengan Jl Tanjungsari-Widuri yakni di sirkuit roadrace.


(Ali Basarah/CN39/SM Network)