• KANAL BERITA

Wali Kota Semarang Dorong MKKS SMK Atasi Tantangan Generasi Milenial

Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Tantangan mendidik generasi milenial sangat luar biasa, tidak hanya bagi anak mudanya, tetapi juga para Guru dan kepala sekolahnya. Sehingga dibutuhkan sinergi ketiganya agar menghasilkan generasi yang berkualitas. Hal ini dikatakan Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi, saat menghadiri halalbihalal dengan Keluarga Besar Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK se-Kota Semarang di Hotel Santika, Rabu (11/7).

Generasi milenial menurut Wali Kota Semarang yang akrab disapa Hendi, adalah generasi yang cenderung melindungi dirinya sendiri, lebih suka ada di dalam sebuah kelompok kecil, dan kemudian pintar serta canggih. Karena semua informasi bisa didapatkan, serta kreativitasnya luar biasa.

“Hal ini yang patut diperhatikan. Jika hal ini tidak diimbangi peran para guru dan Kepala Sekolah maka akan bisa terjadi gab knowledge dan gab informasi,” tutur Hendi.

Sedangkan tantangan selanjutnya adalah narkoba di kalangan Generasi Milenial dan tawuran pelajar yang butuh pendekatan khusus dan sanksi yang tegas untuk mengatasinya. “Dibutuhkan sanksi yang tegas yang harus dilakukan oleh para Kepala Sekolah untuk mengatasi persoalan-persoalan tersebut. Saya angkat jempol yang dilakukan Kepala Sekolah SMA 1 dengan tegas mengeluarkan siswa-siswanya dan memukuli yuniornya meski pun dia dibully ditolak LSM,” tegasnya.

“99 persen persoalan kriminal yang ditangani Polrestabes awalnya dari sebuah aktivitas miras. Sama dengan narkoba juga begitu, pelajar yang tawuran yang tiba-tiba suka nekat di luar nalar kita adalah mereka pemakai Narkoba," tambahnya.

 


(Setiawan Hendra Kelana/CN40/SM Network)