• KANAL BERITA

Siswa SMPN 1 Kebumen Raih Medali Perunggu OSN Matematika Tingkat Nasional

JUARA OSN: Muhammad Samudra, peraih medali perunggu OSN Matematika Tingkat Nasional 2018 foto bersama Kepala SMP Negeri 1 Kebumen Sungaidi SPd MPd dan guru pembimbing OSN Matematika Eka Suryana SPd, Senin (9/7). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)
JUARA OSN: Muhammad Samudra, peraih medali perunggu OSN Matematika Tingkat Nasional 2018 foto bersama Kepala SMP Negeri 1 Kebumen Sungaidi SPd MPd dan guru pembimbing OSN Matematika Eka Suryana SPd, Senin (9/7). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Prestasi prestisius disabet oleh siswa SMP Negeri 1 Kebumen. Muhammad Samudra, siswa kelas 9 menggoreskan tinta emas dengan meraih medali perunggu Olimpiade Siswa Nasional (OSN) Matematika Tingkat Nasional 2018 di Padang Sumatera Barat.

Pada ajang yang terselenggara 1-7 Juli 2018 itu menjadi pembuktian bagi putra kedua dari dua bersaudara pasangan Edi Rianto dan Kusharyati warga Gang Platuk Kelurahan Kebumen. Prestasi yang diraih siswa kelahiran 7 Februari 2004 itu melalui proses yang panjang. Sebelum maju ke tingkat nasional, terlebih dulu dia melalui sejumlah tahapan seleksi mulai dari sekolah, kabupaten, provinsi hingga lolos ke tingkat nasional.

"Tahun lalu, baru bisa lolos sampai tingkat provinsi Jateng. Alhamdulillah tahun ini bisa lolos tingkat nasional dan meraih medali perunggu," ujar Muhammad Samudra, Senin (9/7).

Kepala SMP Negeri 1 Kebumen Sungaidi SPd MPd mengaku bangga atas prestasi yang diraih anak didiknya. Prestasi tersebut tidak lepas dari peran guru pembimbing yakni Eka Suryana SPd serta seluruh guru dan karyawan SMP Negeri 1 Kebumen.

"Bimbingan yang diberikan secara kontinyu. Dimulai dari saat terpilih di tingkat sekolah sampai dengan menjadi peserta OSN tingkat nasional, meskipun bimbingan juga diberikan oleh provinsi," ujar Sungaidi didampingi guru pembimbing OSN Matematika Eka Suryana SPd.

Selain prestasi di bidang akademik, dalam ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP tingkat Kebumen, SMPN 1 memborong juara. Antara lain juara I pada  festival kreativitas musik tradisi, festival kreativitas tari, vocal group, menyanyi solo, story telling, debat Bahasa Indonesia. Kemudian juara II di cabang cipta cerpen dan cipta lagu. Juara III cipta lagu, dan juara harapan I cabang lukis.

"Saya berharap prestasi yang diraih Samudra dan siswa siswi lainnya menjadi dorongan baru bagi Spenza, nama populer SMP 1 Kebumen, untuk berusaha lebih baik dan selalu menjadi yang terbaik. Selalu mengeluarkan daya upaya mencapai hasil yang maksimal," ujarnya.


(Supriyanto/CN41/SM Network)