• KANAL BERITA

HUT ke-72 Bhayangkara, Polres Kebumen Gelar Lomba Burung Berkicau

LOMBA BURUNG: Wakapolres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko SIK memasang gantangan perdana menandai dimulainya Lomba Burung Berkicau Kapolres Cup II Kebumen di halaman Mapolres Kebumen, Minggu (8/7). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)
LOMBA BURUNG: Wakapolres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko SIK memasang gantangan perdana menandai dimulainya Lomba Burung Berkicau Kapolres Cup II Kebumen di halaman Mapolres Kebumen, Minggu (8/7). (Foto: suaramerdeka.com/Supriyanto)

KEBUMEN, suaramerdeka.com - Lomba burung berkicau bertajuk "Kapolres Cup II Kebumen" digelar Polres Kebumen menyemarakkan peringatan HUT Bhayangkara ke-72, Minggu (8/7). Lomba yang berlangsung di halaman Mapolres Kebumen itu diikuti ratusan peserta.

Peserta tidak hanya dari lokal Kebumen, tetapi juga dari berbagai daerah lain. Seperti Purworejo, Cilacap, Banjarnegara, Semarang dan Boyolali. Selain peserta perorangan, lomba juga diikuti oleh komunitas yang datang secara rombongan.

Lomba yang dibuka oleh Wakapolres Kompol Prayudha Widiatmoko SIK tersebut memperlombakan 32 kelas. Meliputi kategori Kapolres tiga kelas, Wakapolres empat kelas, Kasat Reskrim delapan kelas dan Kasat Lantas 17 kelas. Adapun total hadiah yang diperebutkan mencapai Rp 79 juta.

Ketua Panitia yang juga Kasat Kantas AKP Suryo Wibowo SIK didampingi Kaur Bin Ops (KBO) Satlantas Iptu Tejo Suwono menjelaskan, burung kicau yang dilombakan antara lain lovebird, cucak hijau, murai batu, ciblek, kacer, tledekan, cucak jenggot, kenari, kolibri, dan murai borneo. Tiket bervariasi mulai dari Rp 50.000 hingga Rp 150.000.

Pada kategori Kapolres dengan tiket Rp 150.000 murai batu, cucak hijau, lovebird dewasa juara I disediakan Rp 2 juta ditambah bonus Rp 1 juta, jika jumlah gantangan lebih dari 45. Juara II Rp  1 juta plus Rp 500.000, juara III Rp 500.000 plus Rp 200.000. Juga disediakan juara 4-10 dengan nominal bervariasi.

Selain hadiah uang tunai bagi juara, di setiap kelas disediakan doorprize bagi peserta lomba. Untuk kelas Kapolres doorprize berupa satu trotol murai Mr G dan dua lovebird. Kelas Wakapolres doorprize empat lovebird, kelas Kasat Reskrim delapan kaos. Sedangkan kelas Kasat Lantas doorprize berupa 10 helm dan tujuh kaos.

"Kami menggandeng seluruh EO lomba burung ke Kebumen untuk suksesnya terselenggara lomba ini," ujar Iptu Tejo Suwono kepada Suara Merdeka di sela-sela acara.

Wakapolres Kebumen Kompol Prayudha Widiatmoko SIK dalam sambutannya menyampaikan, lomba burung kicau itu diharapkan menjadi sarana silaturahmi antara Polres Kebumen dengan masyarakat. Lomba ini sekaligus untuk meningkatkan kreativitas masyarakat pecinta burung yang dapat membantu meningkatkan perekonomian serta membawa nama Kebumen di kancah nasional perburungan.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh peserta lomba burung yang telah memeriahkan kegiatan untuk memeriahkan HUT Bhayangkara ke-72" ujar Kompol Prayudha Widiatmoko.


(Supriyanto/CN41/SM Network)