• KANAL BERITA

Disperindag Jawa Tengah Dampingi IKM untuk Lakukan Standardisasi

Foto: suaramerdeka.com/dok
Foto: suaramerdeka.com/dok

SEMARANG, suaramerdeka.com - Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Jawa Tengah akan melakukan pendampingan kepada Industri Kecil Menengah (IKM) untuk standarisasi.

Kepala Disperindag Provinsi Jawa Tengah Arif Sambodo mengatakan jumlah IKM di Jawa Tengah ada kurang lebih 70 ribu yang memiliki kondisi variatif sehingga pihaknya hanya bisa melakukan pendampingan bagaimana mendapatkan produk berstandar nasional.

"Melakukan pendampingan standar SNI memang tidak bisa semua IKM kita ajak karena besar sehingga kita mengharapkan mereka akan mandiri melakukan standarisasi dan itu bisa mengurangi cost," katanya baru-baru ini. 

Setiap tahunya Disperindag Provinsi Jawa Tengah melakukan pendampingan paling tidak lima kali. Dengan melakukan standarisasi diharapkan produk IKM mempunyai daya saing di pasar dalam dan luar negeri.

Menurut Arif, IKM di Jawa Tengah mempunyai potensi yang sangat besar. Mereka sebagian besar menggunakan bahan baku lokal sehingga tidak tergantung terhadap bahan baku dari luar negeri.

"Apalagi 60 persen IKM adalah makanan dan minuman yang bahanya diperoleh secara lokal," ucapnya


(Cun Cahya/CN41/SM Network)