• KANAL BERITA

DPD REI Jateng Segera Bahas Sinkronisasi Perizinan  

Foto Istimewa
Foto Istimewa

SEMARANG, suaramerdeka.com - DPD Real Estat Indonesia (REI) Jawa Tengah akan menyelenggarakan rakerda di Jepara tanggal 10 dan 11 Juli 2018. 

Dalam rakerda tersebut akan membahas tentang sinkronisasi perizinan dan percepatan bangunan perumahan dengan mengundang pejabat yang terkait dengan perizinan yaitu dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Provinsi Jawa Tengah, Sumber Daya dan Tata ata Ruang  dan Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman. 

Prijanto Ketua DPD REI Jawa Tengah mengatakan tujuan dalam rakerda  mengangkat persoalan sinkronisasi perizinan karena sampai saat ini masalah tersebut belum tuntas titik temunya. 

"Ada PP Nomor 64 Tahun 2016 untuk percepatan perizinan lalu muncul lagi  PP Nomor  24 Tahun 2018 tentang perizinan secara online yang belum tuntas pelaksanaanya," katanya, Jumat (6/7). 

Menurutnya sampai sekarang ada beberapa peraturan dari pusat dan daerah yang belum sinkron, sehingga dengan rakerda ini nantinya akan memberikan usulan kepada pemerintah agar PP 64 ini bisa tuntas. 

Ia menjelaskan dalam PP tersebut ada beberapa daerah yang belum melaksanakan aturan yang seharusnya sudah dihapus tetapi masih digunakan seperti  izin lokasi dan andalalin sudah dihilangkan dan jangka waktu dipercepat. 

"Di Jawa Tengah yang belum menerapkan ada Solo Raya, Karanganyar, Klaten, Kabupaten Semarang," tuturnya. 

Prijanto berharap dengan rakerda ini akan ada titik temu dan rumusan yang saling menguntungkan antara pencari izin dan pemerintah.


(Cun Cahya/CN19/SM Network)