• KANAL BERITA

Pemkot Surabaya Akan Tambah Alat Rekam e-KTP

Foto: Humas Pemkot Suarabaya
Foto: Humas Pemkot Suarabaya

SURABAYA, suaramerdeka.com - Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, berencana menambah jumlah alat perekaman dan cetak e-KTP. Terobosan ini ia lakukan menyusul peningkatan jumlah volume antrean warga Surabaya yang akan melakukan perekaman maupun pencetakan e-KTP.

Kemarin, orang nomor satu di Surabaya itu  memantau langsung jalannya proses perekaman dan pencetakan e-KTP di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) yang terletak di Mal Pelayanan Publik Siola. Risma juga sempat melakukan kunjungan di Kantor Dispendukcapil guna mengetahui langsung adanya kendala yang dihadapi, agar bisa segera dilakukan evaluasi untuk mempercepat proses kepengurusan KTP elektronik.

Risma menegaskan pihaknya akan terus melakukan upaya guna memaksimalkan pelayanan kepengurusan e-KTP. Bahkan dalam kunjungannya di Kantor Dispendukcapil Siola, ia secara langsung memerintahkan jajarannya untuk melakukan penambahan komputer dan printer guna mendukung proses percepatan pengurusan e-KTP.

"Memang kemudian kan tak evaluasi semuanya. Memang yang pertama alat kita terbatas, ini kita ngambil beberapa dari kecamatan, sambil nanti kita lakukan pengadaan sendiri untuk finger dan iris mata. Kita juga akan adakan untuk printer," kata dia.

Risma juga menekankan pentingnya proses validasi data untuk mencocokkan data warga dengan pemerintah pusat agar terjadi perekaman ganda.

“Sehingga kalau dobel (ganda) itu pasti susah untuk ngeluarinnya (E-KTP). Buktinya kalau yang ndak ada masalah, lancar,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dispendukcapil) Suharto Wardoyo mengatakan, mulai bulan Juli pihaknya menggiatkan perekaman E-KTP semalam, termasuk cetak E-KTP. "Sehingga masyarakat bisa tuntas untuk mendapatkan KTP elektronik,” tuturnya.


(Humas Pemkot Surabaya/CN42/SM Network)