• KANAL BERITA

PPP Tak Mau Terburu-buru Daftarkan Caleg

Foto: Istimewa
Foto: Istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M. Romahurmuziy mengakui partainya belum mendaftarkan para calon anggota legislatif mereka ke KPU. Menurutnya, masih ada kendala administrasi yang harus dipenuhi para caleg, seperti persyaratan kesehatan.

Sebelumnya KPU hanya menunjuk beberapa rumah sakit tertentu yang boleh mengeluarkan rekomendasi.

"Kemarin sempat ada kendala ketika ada aturan persyaratan kesehatan mewajibkan sejumlah RS saja," kata Rommy, Kamis (5/7).

Namun, masalah itu menurut Rommy perlahan sudah dibenahi. Terutama setelah mendapat penjelasan langsung dari Ketua KPU, Arief Budiman.

"Saya bertemu dengan ketua KPU kemarin pada sela halal bihalal di PP Muhammadiyah. Dia (Arief Budiman) menyatakan itu dikembalikan kepada posisi 2014. Jadi, sekarang melalui puskesmas saja bisa," katanya.

Rommy menegaskan, partainya telah melakukan penyesuaian dan pengecekan PKPU mengenai mantan napi korupsi, bandar narkoba, kasus terorisme hingga kejahatan seksual agar tidak dicalonkan sebagai calon anggota legislatif.

"PPP adalah parpol yang memberikan dukungan penuh kepada penerapan PKPU. Dan kami berkomitmen buat politik bersih. Dan kami juga berkomitmen buat caleg bersih seluruhnya. Bahwa penerapan dan pengundangan PKPU itu sepenuhnya kami dukung. Dan ini merupakan bagian dari perpolitikan kita," tegasnya.

Atas dasar itu, ia menyatakan PPP tidak terburu-buru mendaftarkan para calon anggota legiatif dari partainya. Hingga hari ini partai berlambang Ka'bah itu telah menyiapkan 575 calon anggota legislatif dari tingkat kabupaten, kota, provinsi hingga pusat di seluruh Indonesia.


(VVN/CN41/SM Network)