• KANAL BERITA

83 Persen Penduduk Klaten Masuk Kepesertaan BPJS

LOKET LAYANAN: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Juliansyah, Kamis (5/7) turun tangan melayani peserta JKN-KIS di loket kantor Klaten. (Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain)
LOKET LAYANAN: Kepala BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Juliansyah, Kamis (5/7) turun tangan melayani peserta JKN-KIS di loket kantor Klaten. (Foto: suaramerdeka.com/Achmad Hussain)

KLATEN, suaramerdeka.com - 83 persen dari total 1, 3 juta penduduk di Kabupaten Klaten menjadi peserta JKN-KIS di BPJS Kesehatan. Pada Januari 2019 semua warga ditargetkan menjadi peserta.

Kepala Kantor BPJS Kesehatan Cabang Boyolali, Juliansyah menjelaskan jumlah masyarakat Kabupaten Klaten yang menjadi peserta sebanyak 1,1 juta jiwa.

"Kami lakukan kerjasama dengan berbagai elemen agar semua warga menjadi peserta di 2019," katanya, Kamis (5/7) usai melayani di loket layanan kantor BPJS Kabupaten Klaten Jl Pemuda Tengah, Klaten dalam program eksekutif frontliner.

Dalam program itu, Juliansyah selaku kepala cabang dan pimpinan lain sejak pukul 08.00 sampai 09.00 melayani warga. Mulai dari menerima berkas sampai menjelaskan detail berbagai program dan layanan.

Menurut Juliansyah, capaian 83 persen kepesertaan Kabupaten Klaten cukup membanggakan sebab menduduki urutan lima di Jawa Tengah. Melihat animo masyarakat Kabupaten Klaten, BPJS optimistis sisa waktu setengah tahun ke depan semua warga sudah menjadi peserta.

Ke depan, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan berbagai elemen, termasuk Pemkab Klaten. Bahkan dalam waktu dekat akan terbit Instruksi Bupati untuk mendorong percepatan kepesertaan.

Dalam memberikan pelayanan, BPJS Kesehatan Cabang Boyolali telah bekerjasama dengan 218 fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP). Meliputi 60 Puskesmas, 92 dokter praktik perorangan, 22 klinik, empat klinik TNI/ Polri dan 40 dokter gigi. Untuk fasilitas kesehatan tingkat rawat lanjutan (FKTRL) BPJS sudah bekerjasama dengan 22 rumah sakit, satu klinik utama, 15 apotik dan delapan optik.
 


(Achmad Hussain/CN41/SM Network)