• KANAL BERITA

Siap Bersaing, Perusahaan Dituntut Memiliki SDM yang Kuasai IT

Umar Affandi, Manager Instruktur Inixindo Yogyakarta, saat menyampaikan materi dihadapan mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. (suaramerdeka.com/Sugiarto)
Umar Affandi, Manager Instruktur Inixindo Yogyakarta, saat menyampaikan materi dihadapan mahasiswa AMIK BSI Yogyakarta. (suaramerdeka.com/Sugiarto)

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Di era modern seperti sekarang ini, teknologi informasi memegang peranan yang cukup penting. Maka untuk bisa bersaing perusahaan dituntut memiliki sumber daya manusia yang mempuni di bidang 'Information Technology' (IT). Tanpa itu, sepertinya perusahaan sulit bersaing.

Umar Affandi, Manager Instruktur Inixindo Yogyakarta, mengatakan hal itu di hadapan peserta Seminar 'Exploring Your Digital Career with Inixindo' di Kampus Bina Sarana Informatika (BSI) di Ringroad Barat, Ambarketawang, Gamping, Sleman, kemarin. Seminar diikuti mahasiswa dan staf pengajar AMIK BSI Yogyakarta.

Seminar yang diselenggarakan AMIK BSI Yogyakarta tersebut, untuk memberikan bekal kepada mahasiswa dan staf pengajar perguruan tinggi setempat. Apalagi Inixindo sendiri dikenal sebagai perusahaan konsultan dan pelatihan dibidang IT. Sehingga tepat rasanya bila seminar ini menghadirkan ahlinya.

Apalagi di era digital seperti sekarang ini, lanjut Umar Affandi, setiap perusahaan dipastikan membutuhkan sistem informasi. Hal ini untuk menunjang sistem konvensional yang sudah berjalan. ''Untuk itulah kebutuhan perusahaan akan tenaga trampil di bidang IT (Information Technology) akan sangat dibutuhkan oleh perusahaan,'' katanya.

Oleh karena itu, tepat rasanya AMIK BSI Yogyakarta mempersiapkan mahasiswanya di bidang IT. Meski untuk mempersiapkan lulusan jurusan informatika yang kompeten, trampil di bidang IT dibutuhkan persiapan yang matang oleh perguruan tinggi. ''Saya percaya AMIK BSI Yogyakarta, sudah mempersiapkan semuanya,'' katanya lagi.

Maka sebagai salah satu upaya mempersiapkan calon lulusan yang siap memasuki dunia kerja, AMIK BSI Yogyakarta menggelar Seminar 'Exploring Your Digital Career with Inixindo'. Menurut Umar, potensi lapangan pekerjaan jurusan informatika ke depannya sangat dibutuhkan dunia industri yaitu pekerjaan yang berkaitan dengan digital technology.

Potensi mahasiswa lulusan dari jurusan informatika seperti digital engineer, digital innovator atau content creation, digital worker, system analyst sangat dibutuhkan. Bahkan Umar Affandi, memaparkan detail apa saja yang dilakukan pekerja di masing-masing posisi tersebut dan kompetensi apa yang harus dimiliki.

Sementara Diah Pradiatiningtyas SE MSc, Wakil Direktur Kemahasiswaan AMIK BSI Yogyakarta, berharap seminar ini dapat menginspirasi mahasiswanya. Sehingga mereka memiliki gambaran tentang pekerjaan di dunia IT dan siap berkarir sesuai dengan bidang yang diinginkannya.

Diah menyampaikan bahwa almuni AMIK BSI Yogyakarta, ada yang sudah berhasil menjadi Network Engineer di salah satu perusahaan sepatu merek internasional. ''Sebenarnya orang itu, kami undang untuk menceritakan pengalamannya. Namun karena pekerjaannya, sehingga belum bisa berbagi pengalaman,'' jelas Diah.

Hal ini penting disampaikan mengingat perkembangan teknologi saat ini, berkembang sangat pesat. Kondisi ini mendorong dunia industri dan bisnis untuk terus beradaptasi dan berinovasi dengan penerapan teknologi. ''Bidang industri dan bisnis yang tidak dapat menerapkan unsur teknologi, maka lambat laun akan tersingkir dengan sendirinya,'' katanya.  

Melihat perkembangan ini, tidak dipungkiri ke depan akan banyak jenis pekerjaan yang akan digantikan oleh mesin yang berteknologi canggih. ''Seiring dengan perkembangan tersebut, maka lulusan jurusan informatika berpotensi menjadi lulusan yang paling dicari di dunia kerja,'' katanya.


(Sugiarto/CN41/SM Network)