• KANAL BERITA

Jalingkut Perlu Pembenahan Serius

Sejumlah pengendara melewati jalan lingkat utara (jalingkut) Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)
Sejumlah pengendara melewati jalan lingkat utara (jalingkut) Kota Tegal. (suaramerdeka.com/Wawan Hudiyanto)

TEGAL, suaramerdeka.com - Keberadaan jalan lingkar utara (Jalingkut) Kota Tegal dinilai efektif untuk mengantisipasi kemacetan di jalur pantura, termasuk saat arus mudik dan arus balik Lebaran tahun 2018. Meski pun demikian, jalur tersebut masih perlu perbaikan dan penambahan sarana prasarana untuk mencegah terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Keala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tegal, Herviyanto GWP mengatakan, agar jalingkut aman dan nyaman untuk mengurai kepadatan di jalur pantura Kota Tegal, perlu perbaikan serius kerusakan jalan sepanjang 200 meter di persimpangan Kelurahan Tegalsari, penambahan lampu penerangan dan pemasangan rambu-rambu lalu lintas di sepanjang jalingkut.

‘’Paku marka jalan sebagai pembatas jalan perlu dipasang dan penambahan rambu-rambu lalu lintas untuk penunjuk jalan bagi pengemudi kendaraan,’’ katanya.

Penerangan sekarang masih kurang karena baru terpasang sekitar 25 unit dari kebutuhan 100 unit.

Permasalahan lain, di jalingkut tidak ada lampu lalu lintas. Pada saat libur Natal dan Tahun Baru 2018 serta pada arus mudik-balik Lebaran, Dishub Kota Tegal memasang lampu lalu lintas bongkar pasang atau portable. ’’Kami berharap Pemerintah Pusat dan Pemprov Jateng bisa mendukung penambahan kelengkapan sarana dan prasarana di jalingkut,’’ tandasnya.


(Wawan Hudiyanto/CN40/SM Network)