• KANAL BERITA

Larangan Eks Koruptor Nyaleg Bisa Untungkan Partai

Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi (Foto indopolitika.com)
Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi (Foto indopolitika.com)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Ketua DPD Partai Golkar Jabar, Dedi Mulyadi menyatakan pihaknya tak mempermasalahkan aturan KPU bahwa eks koruptor dilarang nyaleg pada Pileg 2019.

Menurut dia, perlunya masyarakat mengetahui latar belakang calon anggota legislatif sebelum mencoblos merupakan sebuah keharusan. Untuk itu, hal tersebut sebaiknya dipahami.

"Itu kan menunjukan latar belakang, dan itu merupakan standarisasi mencalonkan caleg, bahwa orang tersebut memiliki kebersihan," tandasnya di Bandung, Selasa (3/7).

Tak hanya itu, pihaknya pun berupaya memahami bahwa kebijakan tersebut bertujuan memberikan kebaikan terutama dari sisi pandang masyarakat.

"Secara aspek yuridis mungkin tak ada larangan untuk mencalonkan, hanya saja secara aspek psikologis politik, menginginkan orang terbaik yang muncul," tandasnya.

Bagi partai beringin, tegas mantan Bupati Purwakarta dua periode itu, aturan tak menyulitkannya. Justru, kebijakan itu dinilainya bisa memberikan keuntungan bagi partai.

"Keputusan KPU itu sesuatu yang baik dari aspek politik, partai tak susah juga, dan calon yang tak mempunyai masa lalu negatif, dan justru kredibilitas karena bisa berdampak pula pada elektabilitas," tandasnya.


(Setiady Dwi/CN19/SM Network)