• KANAL BERITA

ACT Siagakan 10 Personel di Zona Aman Gunung Agung

Foto: Balipost
Foto: Balipost

KARANGASEM, suaramerdeka.com - Lembaga Kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) menerjunkan 10 personel untuk bersiaga di zona aman Gunung Agung. Hal ini menyusul erupsi gunung terbesar di Bali itu pada Senin (2/7) pukul 21.04 WITA.

Kali ini, erupsinya tergolong besar dan ekplosif. Seperti dilaporkan oleh Masyarakat Relawan Indonesia (MRI) Bali dari Kecamatan Rendang, Kabupaten Sarangasem, suasana di wilayah itu sempat panik dan ramai.

Koordinator TIm Emergency Response ACT, Kusmayadi, mengatakan, sebanyak enam orang bersiaga di Karangasem sewaktu-waktu jika dibutuhkan evakuasi warga. Sementara, empat orang personel ACT berjaga di setiap pos pantau.

"Mulai dari pos pantau Rendang, Posko Pasebaya, Kedundung, dan Koramil Rendang," kata Kusmayadi, Selasa (3/7).

Kepala Pusat Data dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo Purwo Nugroho mengatakan, erupsi Gunung Agung pada Senin malam melontarkan lava pijar hingga 2 kilometer. Tak hanya itu, diawali dengan dentuman besar lalu terlontarnya lava pijar, erupsi Gunung Agung juga memicu abu vulkanik melonjak tinggi sekitar 2.000 meter dari atas puncak kawah.


(RPK/CN41/SM Network)