Hutan Mangrove di Indonesia dalam Kondisi Kritis

- Kamis, 30 Mei 2019 | 11:20 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dalam luasan yang setara dengan hutan tropis, hutan mangrove mampu menyimpan karbon tiga hingga lima kali lebih banyak. Sebagai gambaran, hutan mangrove seluas satu hektare mampu menyerap 1.000 ton karbon per hektare. Itu sebabnya, menyelamatkan hutan mangrove menjadi krusial dalam memerangi perubahan iklim.

Namun, hutan mangrove di Indonesia kini dalam kondisi kritis. Dalam tiga dekade terakhir, lebih dari 50% hutan mangrove di Indonesia hilang. Sebagian besar akibat konversi lahan untuk budidaya perikanan dan pembangunan. Hal ini juga menjadikan Indonesia sebagai negara dengan tingkat kerusakan hutan mangrove tercepat di dunia.

Padahal, Indonesia sebelumnya dikenal sebagai negara dengan lahan mangrove terbesar di dunia yang memiliki hutan mangrove seluas 3,556 juta ha (KLHK, 2019). Namun, kini 33,55 persen atau 1,193 juta lahan mangrove di Indoensia dalam kondisi kritis. Usaha penyelamatan dan pelestarian hutan mangrove ini pun menjadi salah satu tugas bersama bagi seluruh pihak, baik pemerintah, perusahaan BUMN dan swasta, maupun lembaga kemasyarakatan.

“Indofood mendukung program MERA sebagai wujud kepedulian perusahaan terhadap lingkungan. Kami beberapa kali melakukan penanaman bibit mangrove di beberapa pantai di Jakarta. Kami memandang penting untuk meyelamatkan hutan mangrove terakhir di Jakarta dan melihat MERA memiliki program konservasi dan restorasi ekosistem yang terintergasi. Harapan kami, langkah kecil yang kami mulai ini akan menyelamatkan lingkungan demi masa depan generasi yang akan datang,” kata Head of Corporate Communications Indofood Stefanus Indrayana.  

Di Jakarta sendiri kini hanya tersisa sekitar 300 hektar hutan mangrove, yang berada di kawasan Angke Kapuk, Jakarta Utara. Sebanyak 25 hektar berada di dalam area Suaka Margasatwa Muara Angke (SMMA). Program MERA bekerja di wilayah ini dan telah dilakukan 80 persen kajian awal.

Editor: Andika

Tags

Terkini

X