Komnas HAM: Pemasungan terhadap ODGJ Dianggap bukan Solusi, Justru Tidak Manusiawi

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 13:35 WIB
Dipasung. (foto ilustrasi/ galamedia.pikiran-rakyat.com)
Dipasung. (foto ilustrasi/ galamedia.pikiran-rakyat.com)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) RI Ahmad Taufan mengatakan, bahwa pemasungan terhadap orang dengan gangguan jiwa (ODGJ) dianggap bukan solusi.

Akan pemasungan terhadap ODGJ dinilai tidak manusiawi.

Sedangkan perlakuan tidak manusiawi itu merupakan satu tindakan atau praktik yang tidak menjungjung tinggi harkat dan martabat seorang manusia.

Baca Juga: Sanksi Denda 100 Persen pada RUU KUP Dipersoalkan oleh IKPI, Ini Alasannya

Oleh sebab itu atas asas prinsip kemanusiaan, para penyadang  disabilitas atau ODGJ, kata Ahmad Taufan, memiliki hak yang sama dengan manusia lainnya.

"Jadi bukan untuk dikasihani, justru harus ditempatkan sebagai manusia yang mandiri." kata Ahmad Taufan, seperti yang dikutip suaramerdeka.com, sabtu, 28 Agustus 2021, dari pikiran-rakyat.com, dalam artikel berjudul: Hukum Pasung ODGJ, Komnas HAM: Ada Semacam Pembenaran dari Norma Sosial Masyarakat

Ditambahkannya, idealnya ada sebuah sistem atau mekanisme yang bisa membuat semua orang, termasuk penyandang  disabilitas mental hidup mandiri dalam kehidupan bermasyarakat maupun bernegara.

Baca Juga: Usai Jalani Pemeriksaan, Muhammad Kece Resmi Ditahan

Sebab kondisi sebenarnya dari penyandang disabilitas mental harus menjadi pertimbangan utama dalam pengambilan kebijakan.

Halaman:

Editor: Nugroho Wahyu Utomo

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X