Atasi Tantangan Sektor Pertanian, Peningkatan Produktivitas Tanaman Pangan Mutlak Diperlukan

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 11:00 WIB
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)
Lahan pertanian. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Peningkatan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura, baik dari segi lahan maupun tenaga kerja, mutlak diperlukan untuk menghadapi berbagai tantangan di sektor pertanian.

Termasuk yang diakibatkan oleh pertumbuhan penduduk yang cepat serta semakin terbatasnya lahan.

“Upaya untuk meningkatkan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura mendesak dilakukan untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi sektor pertanian di Tanah Air, seperti penambahan jumlah penduduk, berkurangnya lahan produktif dan peningkatan daya beli masyarakat,” jelas Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Aditya Alta.

Penelitian CIPS menemukan adanya sejumlah isu yang perlu dievaluasi sehubungan dengan produktivitas tanaman pangan dan hortikultura.

Baca Juga: Petani dan Pedagang Tembakau Masih Rugi, Bupati Temanggung: Harga Perlu Dinaikkan Lagi

Di antaranya adalah catatan teknis terkait perhitungan produktivitas, tren perkembangan produktivitas dalam beberapa tahun terakhir.

Seperti, tingkat produktivitas padi dan palawija menurut profil budidaya usaha pertanian, disparitas atau kesenjangan produktivitas antar wilayah dan pengaruh teknologi melalui mekanisasi dalam meningkatkan produktivitas tanaman padi di Indonesia.

“Analisa mengenai level produktivitas komoditas pertanian di Indonesia dihadapkan pada isu mengenai data yang tidak seragam dan akurasi metode yang digunakan dalam pengumpulan data,” jelas Aditya.

Secara umum, lanjutnya, pengukuran produktivitas dapat dilakukan secara objektif (objective measurement) maupun subjektif (subjective measurement).

Baca Juga: Penggunaan Mural Sebagai Media Penyampaian Aspirasi, Pengamat: Ini Bentuk Demokrasi

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X