Truk di Atas 8 Ton Dilarang Melintasi Fly Over Kretek, Aptrindo: Permenhub Merugikan, Perlu Ditinjau Ulang

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 16:51 WIB
Trus melintasi jalan (suaramerdeka.ciom/dok)
Trus melintasi jalan (suaramerdeka.ciom/dok)

 

BREBES, suaramerdeka.com - Sejak Jumat 20 Agustus 2021 lalu Kemenhub diperkuat oleh personil TNI dan Polri sedang menyelenggarakan operasi penegakan hukum di UPPKB Ajibarang dengan landasan hukumnya Peraturan Menteri Perhubungan ( Permenhub ) Nomer 6 Tahun 2019 tentang Pengaturan Lalu Lintas Di Ruas Jalan Nasional Ajibarang - Prupuk.

Penegakan hukum itu melarang truk dengan Jumlah Berat Diijinkan ( JBI ) diatas 8 ton melintasi Fly Over Kretek.

Wakil Ketua Bidang Angkutan Distribusi dan Logistik Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia ( Aptrindo ) Jateng dan DIY, Agus Pratiknyo mengatakan seharusnya pemerintah meninjau kembali Permenhub yang dirasa sangat merugikan kegiatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Cilacap dan Banjarnegara.

Baca Juga: 213 Hafiz Indonesia Ikut Seleksi Imam Masjid untuk UEA, Digelar Daring dan Luring

"Dulu sebelum ada Fly Over Kretek sangat jarang ada kecelakaan kendaraan jenis apa pun.
Tapi sejak adanya fly over ini mulailah terjadi banyak kecelakaan melibatkan segala jenis kendaraan. Bukan karena angker, tapi design fly over nya yang memicu banyak terjadi kecelakaan disana," kata Agus, Jumat, 27 Agustus 2021.

Agus heran, gara-gara desain fly over yang mengakibatkan banyak kecelakaan, malah akhirnya truk yang dijadikan kambing hitam dilarang melintas disana.

"Larangan melintas truk dengan JBI di atas 8 ton yang dialihkan agar memutari sepertiga pulau Jawa ini secara otomatis membuat pembengkakan biaya transportasi bahan baku industri, hasil bumi dan hasil UMKM dari 4 Kabupaten di ex karesidenan Banyumas, selain juga memperlambat waktu tempuh," ujarnya

Agus berharap agar beberapa opsi lain yang lebih masuk akal untuk dilakukan sebagai win-win solution daripada harus mematikan salah satu jalur distribusi logistik yang termasuk paling vital di pulau Jawa.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X