Tren Penurunan Kasus Covid-19, Wakil Ketua MPR RI: Tingkatkan Kewaspadaan di Pintu Masuk Negara

- Jumat, 27 Agustus 2021 | 14:16 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Pengetatan persyaratan di perbatasan dan pintu-pintu masuk negara, seperti bandara dan pelabuhan laut, harus ditingkatkan untuk mencegah sebaran virus corona dari sejumlah negara tetangga.

Data 22 Agustus 2021, kasus positif Covid-19 mingguan berada di angka 125.102 kasus. Terjadi penurunan sebanyak 63.221 kasus dari data pekan sebelumnya mencapai 188.323 kasus. Penurunan kasus itu, menandakan terjadi penurunan selama lima minggu berturut-turut.

Di sisi lain, sejak awal Agustus 2021 sejumlah media juga memberitakan lonjakan kasus di sejumlah negara Asia Tenggara seperti di Vietnam dan Thailand. Kondisi serupa juga terjadi di negara tetangga seperti Australia dan Selandia Baru.

Baca Juga: Vaksinasi untuk Guru Perlu Diprioritaskan, Dukung Kesuksesan PTM Terbatas

Menyikapi kondisi tersebut Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat mengungkapkan para pemangku kepentingan di pusat dan daerah harus benar-benar meningkatkan kewaspadaan terutama di daerah yang menjadi pintu masuk pelintas negara.

"Di sejumlah negara saat ini sedang mengalami peningkatan kasus positif Covid-19. Sementara di Indonesia sedang terjadi tren penurunan kasus. Pengetatan persyaratan lintas negara harus dilakukan untuk menjaga momentum penurunan kasus penyebaran virus korona di Indonesia," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat, 27 Agustus 2021.

Persyaratan keimigrasian dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, ujar Lestari, harus benar-benar diterapkan dengan konsisten.

Baca Juga: Awan Panas Gunung Merapi Meluncur sejauh 2 Km, BPPTKG: Status masih Siaga

Jangan sampai inkonsistensi para petugas di lapangan terulang kembali, seperti terjadi ketika Covid-19 varian Delta masuk dari India ke Indonesia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Terkini

Sempat Jadi Sultan, Warga Kampung Miliarder Kini Galau

Selasa, 25 Januari 2022 | 22:55 WIB

RK: Kita Tak Pernah Merencanakan Pembangunan Ibukota

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:42 WIB
X