Muncul Mural Mirip Presiden Joko Widodo, Pengamat Sebut Perlu Dipahami Permasalahan Utamanya

- Sabtu, 28 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Mural Jokowi 404 Not Found/Foto Twitter
Mural Jokowi 404 Not Found/Foto Twitter

YOGYAKARTA, suaramerdeka.com - Belum lama ini viral penampakan mural bergambar mirip Presiden Joko Widodo yang disertai tulisan “404: Not Found” viral di media sosial.

Aparat langsung menghapus dan mencari seniman pembuatnya karena dianggap melecehkan lambang negara.

Dosen Departemen Ilmu Komunikasi Fisipol UGM sekaligus Pemerhati Seni Visual, Irham Nur Anshari, S.IP., M.A., menyampaikan, dalam menyikapi persoalan tersebut hendaknya perlu dipahami kembali apa sebenarnya yang menjadi permaslahan utamanya.

Pada kondisi tersebut, kata dia, seringkali dikaitkan dengan dua hal yakni pelecehan simbol negara dan perusakan fasilitas umum.

Baca Juga: MPL ID Season 8: Tampil Sabar, Alter Ego Bungkam Aura Fire

“Kalau terkait problem perusakan fasilitas umum ini sedikit lucu karena pada kasus tersebut yang dihapus hanya mural yang dianggap sebagai gambar Presiden Jokowi sementara mural lain di sampingnya tidak ikut dibersihkan. Ditambah lagi desainer kaos yang menggunakan imaji mural juga ikut didatangi aparat untuk minta maaf,” paparnya, dilansir dari laman resmi UGM.

Artinya, kata dia, poin utama dari persoalan ini adalah bagaimana adanya anggapan mural/gambar/desain tersebut dianggap melecehkan simbol negara.

Namun begitu, apakah gambar tersebut adalah gambar Presiden Jokowi atau hanya mirip atau tafsir-tafsir yang berkembang yang justru perlu dipermasalahkan.

Beberapa ahli gambar, sebelumnya, mencoba menafsirkan mural tidak sampai 50 persen memiliki kemiripan dengan Presiden Jokowi.

Baca Juga: Paralimpiade 2021: Sapto Yogo Purnomo Sumbang Medali Kedua untuk Indonesia

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X