Koalisi Pemerintahan Makin Kuat

Red
- Jumat, 27 Agustus 2021 | 01:00 WIB
SM/twitter-Zulkifli Hasan
SM/twitter-Zulkifli Hasan

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) memutuskan untuk bergabung dengan koalisi partai pendukung pemerintah. Kehadiran PAN membuat koalisi pendukung pemerintah kian kuat di parlemen. Sebelum PAN resmi merapat, sudah ada ebam partai anggota koalisi pemerintah di DPR, yaitu PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, Nasdem, dan PPP.

Komposisi kursi koalisi pemerintah sudah jauh lebih banyak dibanding nonkoalisi atau yang biasa disebut oposisi. PDIPmemiliki 128 kursi di DPR, Golkar 85 kursi, Gerindra 78 kursi, Nasdem 59 kursi, PKB 58 kursi, dan PPP19 kursi. Total kursi koalisi 427 kursi atau 74,3% kursi DPR. Sementara itu, Partai Demokrat (PD) memiliki 54 kursi, PKS 50 kursi, dan PAN 44 kursi.

Jika digabung, kekuatannya hanya 25,7% kursi DPR. Dengan perbandingan tersebut, oposisi tak bakal berdaya jika menghadapi voting di DPR terkait suatu undang-undang. Apalagi kini PAN bergabung ke koalisi pro-pemerintah. Bergabungnya PAN membuat koalisi pemerintah memiliki 471 kursi atau 82% kursi DPR.

Artinya, hegemoni pemerintah terhadap oposisi kian besar. Itu hitunghitungan di atas kertas, jika koalisi benar-benar kompak.

Manuver

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan bermanuver terangterangan soal ”kedekatannya” dengan Jokowi. Zulkifli Hasan merupakan satu dari tujuh ketua umum parpol yang bertemu dengan Jokowi di Istana, Rabu (25/8) sore.

Malam harinya, PAN diperkenalkan menjadi sahabat baru koalisi parpol pendukung Jokowi. Dua hari sebelum bertemu dengan Jokowi dan ketua umum parpol koalisi lainnya, Zulkifli Hasan menjabarkan sejumlah prestasi partai yang dipimpinnya dalam acara HUT Ke-23 PAN.

Salah satunya soal Jokowi bisa jadi presiden Republik Indonesia. Yang pertama, Zulhas menyebut, PAN turut berperan besar dalam memberikan kebebasan berkumpul dan berpendapat pasca-Reformasi 1998.

”Kalau media begitu bebas tentu ada peran besar PAN di situ. Kebebasan berkumpul, berserikat, menyampaikan pendapat ada peran PAN di situ ada peran PAN di situ,” ujar Zulhas di Kantor DPP PAN Jl Amil, Jakarta Selatan, Senin (23/8) lalu. PAN juga berperan dalam keberhasilan Jokowi menjadi Presiden Republik Indonesia.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

Sumpah Pemuda, Makna Angka 28 Menurut Feng Shui

Rabu, 27 Oktober 2021 | 20:03 WIB

Catat! Cuti Bersama Natal 2021 Resmi Dihapus

Rabu, 27 Oktober 2021 | 18:23 WIB
X