Bentengi Diri dari Paparan Radikalisme dengan 'Vaksin' Ideologi Kebangsaan

- Kamis, 26 Agustus 2021 | 17:28 WIB
Dinamika Politik dalam dan luar Negeri/Ilustrasi Istimewa
Dinamika Politik dalam dan luar Negeri/Ilustrasi Istimewa


JAKARTA, suaramerdeka.com - Perubahan arus politik di dalam dan luar negeri harus menjadi momentum untuk memperkuat dan mengamalkan nilai-nilai kebangsaan, dalam upaya menjawab sejumlah tantangan yang dihadapi anak bangsa saat ini dan masa datang.

"Pasca 76 tahun Indonesia merdeka, kehidupan bangsa Indonesia masih menghadapi sejumlah tantangan bidang politik baik secara internal, kawasan maupun global. Perlu langkah yang segera untuk menjawab berbagai tantangan tersebut," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat saat membuka diskusi daring bertema Tantangan Politik 76 Tahun Indonesia Merdeka yang digelar Forum Diskusi Denpasar 12, Rabu, 25 Agustus 2021.

Diskusi yang dimoderatori Luthfi Assyaukanie, Ph.D (Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI) itu menghadirkan Muhammad Farhan, S.E (Anggota Komisi 1 DPR RI), Brigjen Pol. R Ahmad Nurwakhid (Direktur Pencegahan Badan Nasional Penanggulangan Terorisme/BNPT),

Arya Fernandez, S.Sos, M.Si (Kepala Departemen Politik dan Perubahan Sosial, CSIS), Alto Labetubun, ST, M.IS (Analis Konflik dan Keamanan ) dan Makmun Rosyid (Co founder CICSR - The Centre for Indonesian Crisis Stategic Resolution) sebagai narasumber.

Menurut Lestari, saat ini selain pandemi, perkembangan teknologi juga mempengaruhi dinamika politik nasional.

Ditambah lagi era disrupsi yang tak hanya menyebabkan distorsi informasi, juga mempengaruhi pola pikir anak bangsa.

Karena itu, telah terjadi transformasi dalam ruang publik yang melampaui sekat identitas dan batas negara.

Direktur Pencegahan BNPT, Brigjen Pol. R Ahmad Nurwakhid mengungkapkan aksi-aksi terorisme tidak bisa terlepas dari paham radikalisme yang saat ini berkembang di dunia.

Kemenangan Taliban di Afganistan, menurut Ahmad, akan menjadi resonansi terhadap sejumlah gerakan yang mengedepankan paham radikalisme yang ada di Indonesia.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X