Indonesia Tekankan Pentingnya Jaminan Perlindungan HAM Seluruh Orang di Afghanistan

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 19:00 WIB
Evakuasi warga Afghanistan dengan pesawat militer AS. (suaramerdeka.com / dok)
Evakuasi warga Afghanistan dengan pesawat militer AS. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Dubes Grata E. Werdaningtyas tekankan pentingnya otoritas di Afghanistan untuk menjamin perlindungan hak-hak asasi seluruh orang di Afghanistan, termasuk khususnya perempuan dan anak perempuan.

Pada Sesi Khusus Dewan HAM mengenai “Serious human rights concerns and situation in Afghanistan" (Keprihatinan atas Situasi Hak Asasi Manusia yang Serius di Afghanistan"), Kuasa Usaha ad Interim Perutusan Tetap Republik Indonesia di Jenewa, Dubes Grata E. Werdaningtyas, menyampaikan posisi Indonesia yang mendorong semua pihak untuk menghentikan kekerasan dan menahan diri dari kekejaman.

Baca Juga: Vaksinasi Massal di Java Mall, Alumni Akpol 94 juga Bagi-Bagi Voucher Rp100 Ribu

Hal lain yang Indonesia tekankan dalam statement di Sesi Khusus ini adalah pentingnya Dewan HAM untuk mengikuti situasi perkembangan HAM di Afghanistan serta jaminan atas partisipasi perempuan secara penuh, setara dan bermakna dalam proses perdamaian dan perkembangan situasi di Afghanistan di masa mendatang.

Indonesia juga menggarisbawahi pentingnya jaminan akses kemanusiaan oleh otoritas saat ini.

Indonesia berkeyakinan dan berkomitmen terhadap proses perdamaian dan rekonsiliasi nasional yang inklusif di Afghanistan.

Penyelesaian situasi kekerasan melalui proses politik yang damai dan menjamin proses rekonsiliasi nasional yang bersifat inklusif, Afghan-led and Afghan-owned adalah hal-hal yang masyarakat internasional harus dukung.

Indonesia juga meminta Dewan HAM meningkatkan komitmen pemberian bantuan dan pembangunan kapasitas sesuai dengan kebutuhan Afghanistan.

Baca Juga: Pastikan Daftar Liga 3, PSISa Seleksi Pemain

Sesi Khusus Afghanistan ini telah mengesahkan sebuah resolusi Dewan HAM berjudul “Strengthening the Promotion and Protection of Human Rights in the Islamic Republic Afghanistan" secara konsensus.

Resolusi menegaskan keprihatinan atas situasi di Afghanistan, meminta gencatan senjata, penghormatan penuh atas hak-hak asasi seluruh orang di Afghanistan.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Tiga Rapat Ini Jadi Penentu Lahirnya Sumpah Pemuda

Senin, 25 Oktober 2021 | 06:25 WIB

Baznas Jateng Bantu Alat Dakwah Virtual

Senin, 25 Oktober 2021 | 04:56 WIB
X