ABK Kapal Brika: Alhamdulillah Kami Tidak Merasa Sendirian di Luar Negeri

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 18:55 WIB
KBRI Dakar Bantu Kepulangan Tujuh ABK yang Alami Musibah Kapal Tenggelam di Senegal (Sumber: KBRI Dakar)
KBRI Dakar Bantu Kepulangan Tujuh ABK yang Alami Musibah Kapal Tenggelam di Senegal (Sumber: KBRI Dakar)

JAKARTA, suaramerdeka.com - KBRI Da​kar berhasil membantu memulangkan tujuh ABK WNI yang sebelumnya mengalami musibah kapal tenggelam di perairan Senegal.

Ketujuh ABK tersebut, tiba di Soekarno Hatta International Airport pada hari Senin (23/08/2021) menggunakan penerbangan Turkish Airlines.​

Sebelumnya, pada hari Rabu, tanggal 4 Agustus 2021, KBRI Dakar menerima laporan tenggelamnya Kapal Brika, sebuah kapal penangkap ikan berbendera Spanyol, akibat kebocoran pada salah satu titik pada badan kapal.

Baca Juga: Merah Putih berkibar di Balaikota San Francisco dan di Wisma Indonesia

Sejumlah 25 orang crew kapal, termasuk 7 orang ABK WNI yang bekerja pada kapal tersebut berhasil diselamatkan. KBRI Dakar selanjutnya segera membawa seluruh ABK WNI ke KBRI Dakar mengingat pemilik kapal tidak bisa bertanggung jawab atas penyediaan tempat tinggal sementara bagi para WNI tersebut di Dakar.

Selama menunggu kepulangan, para pahlawan devisa Indonesia tersebut turut berkesempatan untuk berpartisipasi dalam hangatnya perayaan upacara HUT Kemerdekaan RI ke-76 di wisma duta RI Dakar, bersama-sama dengan sejumlah masyarakat Indonesia lainnya di Dakar.

“Alhamdulillah, kami tidak merasa sendirian dalam menghadapi musibah ini di luar negeri. Kami bersyukur dan sangat berterima kasih kepada Duta Besar RI Dakar beserta jajaran yang telah menampung kami dengan baik di Dakar dan memfasilitasi kepulangan kami ke tanah air,” ungkap Murtani, salah satu ABK kapal Brika.

Baca Juga: MUI Minta Jenazah Covid-19 Tidak Disemprot Klorin

Sebelum melepas para ABK Kembali ke tanah air, KBRI Dakar membekali para ABK dengan pakaian, makanan dan peralatan kesehatan untuk digunakan selama dalam perjalanan.

Selain itu, KBRI Dakar juga memastikan seluruh kelengkapan dokumen persyaratan perjalanan yang dibutuhkan oleh para ABK, termasuk sertifikat hasil test PCR dengan hasil negatif, telah terpenuhi.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X