Pacu Hubungan Bilateral RI-Rumania, Indonesia Buka Konsul Kehormatan di Constanta

- Rabu, 25 Agustus 2021 | 20:55 WIB
(Sumber: KBRI Bucharest)
(Sumber: KBRI Bucharest)

JAKARTA, suaramerdeka.com – Bertepatan dengan Hari Kemerdekaan ke-76 RI, Duta Besar RI untuk Rumania dan Republik Moldova secara resmi telah menyerahkan Surat Keputusan Presiden RI kepada Emil Sirbu sebagai Konsul Kehormatan RI di Constanta, merangkap wilayah Tulcea, Braila, Galati, Giurgiu, Vaslui, Vrancea, Ilfov, dan Prahova, Rumania (17/08/2021).

Peresmian Konsul Kehormatan RI di Constanta turut disaksikan oleh pejabat tinggi terkait di Rumania, seperti Neculai Tanase, State Secretary of the Ministry of Development, Public Works and Administration; Mihai Lupu, President of County Coucil; dan Vergil Chitac, Walikota Constanta.

Baca Juga: Perkuat Literasi Tentang Bank Sentral, BI Mengajar Sambangi UIN Walisongo

Dengan adanya Konsul Kehormatan RI di Constanta, hal ini diharapkan dapat berkontribusi pada peningkatan hubungan bilateral RI-Rumania, baik di bidang ekonomi maupun hubungan antar masyarakat, maupun bidang-bidang lain yang berpotensi untuk dikembangkan antara Indonesia dan Rumania.

Sebagai informasi, kota Constanta merupakan kota pelabuhan di Rumania, dengan jarak sekitar 227 km ke arah timur dari Bucharest, ibu kota Rumania, dan 7,8km ke arah Laut Hitam.

Sehingga, dengan diresmikannya Konsul Kehormatan RI di Constanta, diharapkan Constanta dapat menjadi pintu masuk produk RI ke pasar Eropa, terutama di kawasan Eropa Timur dan sekitar.

Begitu pula sebaliknya, Indonesia dapat menjadi jembatan bagi Rumania dalam rangka memperkuat hubungan dengan negara-negara di kawasan Asia Tenggara dan juga ASEAN.

Baca Juga: Merah Putih berkibar di Balaikota San Francisco dan di Wisma Indonesia

Acara peresmian berlangsung secara kekeluargaan dan dilaksanakan secara in-person dengan mematuhi protokol kesehatan.

Pada kesempatan tersebut, kedua negara menyajikan kuliner khas masing-masing negara untuk dinikmati oleh para tamu undangan, seperti crispy pui cu porumb fulgi (ayam krispi dengan corn flakes) dan rendang.

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X