Edukasi Warga Pinggiran DAS Citarum Perlu Diintensifkan

- Kamis, 11 April 2019 | 10:12 WIB
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi
Foto: suaramerdeka.com / Setiady Dwi

BANDUNG, suaramerdeka.com - Edukasi terhadap warga yang tinggal di pinggiran DAS Citarum perlu semakin dilakukan sebagai bagian dari upaya mengubah mindset masyarakat setempat sehingga program revitalisasi sungai tersebut bisa cepat direalisasikan.

Menurut Ketua Jaringan Bandung Inisiatif, Ari Mulia Subagja, pihaknya menginginkan masyarakat bisa lebih terlibat dalam menyegarkan lingkungannya di sepanjang sungai tersebut. "Bagaimana masyarakat turut serta memanfaatkan lahan di pinggir Citarum, di antaranya bisa dengan melaksanakan tanaman yang menghasilkan, bisa produktif," tandasnya di Bandung, Rabu (10/4).

Menurut dia, pihaknya akan terjun langsung untuk bersama-sama pemerintah melakukan upaya perbaikan terhadap kondisi sungai yang dicap terkotor itu. Pihaknya pun mengapresiasi langkah pemerintah pusat untuk mempercepat penanganan Citarum.

Bahkan, katanya yang didampingi pengurus lainnya, Abah Alam yang juga menyebut Citarum Harum harus didorong, organisasinya akan melakukan syukuran terhadap keberadaan program tersebut pada akhir April mendatang.

Keberadaan program tersebut katanya menjadi semangat organisasi untuk ikut ambil bagian dalam upaya tersebut. "Citarum merupakan kebanggaan karena ini ikon peradaban sehingga betapa pentingnya Citarum bagi warga Jabar, yang harus dijaga sebagai bagian dari alam yang perlu kita lestarikan," jelasnya.

Editor: Andika

Tags

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X