Waduk Kuningan Masih Simpan Kendala

- Jumat, 5 April 2019 | 07:45 WIB
Foto: istimewa
Foto: istimewa

BANDUNG, suaramerdeka.com - Kepala Dinas Sumber Daya Air Jabar Linda Al Amin menyatakan bahwa Waduk Kuningan sebenarnya sudah siap digenangi. Hanya saja, persoalan klasik yakni lahan masih jadi kendala yang dalam proses penyelesaian. "Dari sejumlah proyek waduk di Jabar, Waduk Kuningan yang siap digenangi," jelasnya pada saat kegiatan Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate Bandung, Kamis (4/4).

Menurut dia, langkah tersebut belum bisa dilakukan mengingat masih ada lahan warga yang menunggu penyelesaian. Lahan tersebut berada di areal yang menjadi genangan waduk yang juga memberikan manfaat bagi sebagian warga Brebes itu.

Penyelesaian lahan tersebut melibatkan pula Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Cimanuk-Cisanggarung. Menurut Linda, persoalan itu menyangkut pemberian ganti rugi dan relokasi yang tak bisa diselesaikan sekaligus pasalnya menyangkut aturan main. "Sesuai aturan itu tak bisa double counting, dibebaskan sesuai dengan keinginan masyarakat  sekaligus dipindahkan. Karena itu diperlukan Perpres, aturan yang lebih tinggi," jelasnya.

Dari informasi, luas Bendungan Kuningan mencapai 221 hektare. Waduk ini membendung Sungai Cikaro dengan volume tampung total adalah 25,9 juta meter kubik. Bendungan multifungsi itu akan menjadi sumber pengairan irigasi seluas 3.000 hektare sawah di dua Daerah Irigasi (DI) yakni DI Cileuweung di Kabupaten Kuningan seluas 1.000 hektare dan DI Jangkelok di Kabupaten Brebes seluas 2.000 hektare.

Bendungan Kuningan berfungsi pula untuk memenuhi kebutuhan air baku dengan kapasitas sebesar 300 liter per detik bagi 300 ribu Kepala Keluarga (KK) baik yang tinggal di Kuningan maupun Brebes.

 

Editor: Andika

Tags

Terkini

13 Tokoh Ini Berjasa di Balik Lahirnya Sumpah Pemuda

Minggu, 24 Oktober 2021 | 08:26 WIB

Vaksinasi dan Prokes Kunci Pulihnya Sektor Parekraf

Sabtu, 23 Oktober 2021 | 21:52 WIB
X