#17anBarengYOI, Chelsea Islan: Rasa Nasionalisme Tetap Tumbuh Meski di Rumah Saja

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 17:59 WIB
Festival Perayaan Virtual Hari Kemerdekaan Indonesia yang Ke-76 #17anBarengYOI
Festival Perayaan Virtual Hari Kemerdekaan Indonesia yang Ke-76 #17anBarengYOI

SEMARANG, suaramerdeka.com - Bagaimana caranya rasa nasionalisme tetap tumbuh walaupun hanya aktifitas dari rumah saja karena imbas pandemi covid? Komunitas anak muda Indonesia, Youth of Indonesia (YOI) bekerjasama dengan Gmedia menggelar acara dengan konsep festival untuk merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia.

Penyelenggaraan aneka acara edukatif diselingi hiburan yang dapat diakses oleh masyarakat umum ini dapat ditonton secara gratis.

“Kemarin itu kita ada ide, Bagaimana sih caranya kita tetap menumbuhkan rasa nasionalisme, walaupun kita hanya dari rumah saja?’ Nah, dengan 17 Agustus, kita (YOI) membuat acara #17anBarengYOI ini. Jadi, walaupun kita di rumah masing-masing, tapi kita tetap dapat berpartisipasi. Sebagai anak muda, walaupun di rumah saja, kita tetap bisa maju dan berbuat sesuatu. Bukan berarti karena pandemi kita berhenti berkarya, berhenti bekerja.” jelas Chelsea Islan selaku Ketua Umum YOI dalam sesi live Instagramnya.

Baca Juga: FASTLab Layani Tes PCR Harga Terjangkau

Hal ini selaras dengan dengan visi & misi Gmedia untuk ikut menumbuhkan rasa nasionalisme masyarakat Indonesia dengan berbagai adaptasi kebiasaan baru. Acara #17anBarengYOI diisi oleh berbagai jenis kegiatan yang dapat menginspirasi sekaligus menghibur para audiens dari rumah. DItayangkan pada hari Selasa, 17 Agustus 2021 pukul 13.00 - 19.15 WIB dari kanal YouTube Youth Of Indonesia, #17anBarengYOI dibuka dengan upacara virtual PSBB (Pengibaran Sang Bendera Bangsa).

Upacara virtual PSBB dihadiri oleh audiens dari seluruh Indonesia dan dipimpin oleh Chelsea Islan selaku Ketua Umum YOI yang berperan menjadi Inspektur Upacara.

Selanjutnya, Aditya Percaya selaku Wakil Ketua Umum YOI turut berperan sebagai Komandan Upacara, Surya Sahetapy sebagai pembaca Teks Proklamasi Indonesia dengan menggunakan bahasa isyarat, Rizky Alida sebagai pemandu upacara, Jasmine Herawan sebagai Pembaca Teks Pancasila.

Gabriela Setyawan sebagai Pembaca Pembukaan Undang Undang Dasar (UUD) 1945, serta Dimas Ramadhan sebagai Pembaca Doa. Acara dilanjutkan dengan PPKM Lv. 1, yang merupakan singkatan dari nama acara talkshow ‘Pemuda, Pemudi, Kita Merdeka.’

Pada PPKM Lv. 1 atau sesi pertama, YOI menghadirkan narasumber Najeela Shihab dan Mikha Tambayong untuk membicarakan tema ‘Merdeka Belajar’. Anggis Dinda sebagai moderator dan Gloria Natapradja Hamel sebagai pembawa acara hadir membuka dan memandu PPKM Lv. 1.

Baca Juga: Gandeng Dinkes, PKK Temanggung Gelar Edukasi Pemanfaatan Toga

Halaman:

Editor: Ahmad Rifki

Tags

Terkini

X