Aspek Kesehatan Penting di Sektor Pariwisata, Sandiaga: Tak Bisa Pulih Jika Kita Tak Sehat

- Selasa, 24 Agustus 2021 | 09:12 WIB
Menparekraf Sandiaga Uno. (Humas Setkab/Agung)
Menparekraf Sandiaga Uno. (Humas Setkab/Agung)

JAKARTA, suramerdeka.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menekankan pentingnya aspek kesehatan seluruh pemangku kepentingan di sektor pariwisata, khususnya dalam masa pandemi Covid-19.

"Salah satu aspek penting di sektor pariwisata adalah aspek kesehatan. Kita tidak bisa memulihkan pariwisata jika kita semua tidak sehat," kata Sandiaga Uno dalam webinar "Exotic East Nusa Tenggara", Senin (23/8).

Sandiaga mengatakan, pemerintah saat ini tengah berfokus pada pemulihan kesehatan masyarakat agar kehidupan dan perekonomian kembali normal.

Ia menambahkan Kemenparekraf juga sedang berupaya meningkatkan jumlah vaksinasi bagi pelaku sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di seluruh Tanah Air.

Baca Juga: Kader PDIP Diingatkan Selalu Turun ke Bawah, Megawati: Pandemi Tidak Boleh Jadi Kendala

Menurut dia, jika tren penularan Covid-19 berangsur-angsur menurun maka pemerintah akan memberlakukan kebijakan pembukaan tempat wisata secara terbatas.

"Jika angka kasus stabil dan terus menurun, kita mempersiapkan pembukaan kembali beberapa tempat wisata," ujarnya.

Menparekraf menambahkan, pembukaan tempat wisata tersebut perlu dibarengi dengan penerapan protokol kesehatan secara ketat.

Baca Juga: PPKM Kembali Dilanjutkan Pemerintah, Airlangga Sebut Beberapa Penyesuaian

Selain itu, tempat wisata yang dibuka juga akan diintegrasikan dengan aplikasi PeduliLindungi, dengan melengkapi sertifikasi Cleanliness (Kebersihan), Health (Kesehatan), Safety (Keamanan), dan Environmental Sustainability (Ramah lingkungan) atau CHSE yang dicanangkan Kemenparekraf.

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Rabu Pagi, Lumajang Diguncang Gempa 3,3 SR

Rabu, 8 Desember 2021 | 13:03 WIB
X