Dompet Dhuafa Jatim Gelorakan Program Jangan Takut Berbagi di Kampung Ternak

- Sabtu, 30 Maret 2019 | 08:36 WIB
Foto: suaramerdeka.com / dok
Foto: suaramerdeka.com / dok

SITUBONDO, suaramerdeka.com - Semarak dalam menymbut bulan Ramadhan 1440 H, membuat Dompet Dhuafa serentak menggelorakan semangat jangan takut berbagi kepada semua cabang yang tersebar di Indonesia. Dompet Dhuafa cabang jawa Timur menggelar sosialisasi ‘Jangan Takut Berbagi’ dengan tajuk Media Briefing: Program Pemberdayaan Ekonomi Kampung Ternak dan Sentra Budidaya Ikan Kerapu di Desa Awar-awar, Kecamatan Asembagus, Situbondo.

“Untuk mewujudkan kemandirian yang diinginkan bagi para peternak binaan Dompet Dhuafa, inilah semangat berbagi yang kami maknai dan terkandung dalam menyambut tema Ramadan kali ini yaitu ‘Jangan Takut Berbagi’. Melalui acara ini, selain sosialisasi kami juga mengajak teman-teman yang hadir untuk dapat melihat langsung sentra ternak kambing program Dompet Dhuafa,” terang Kholid Abdillah, Pimpinan Dompet Dhuafa Cabang Jawa Timur.

Dalam menggelorakan jangan takut berbagi, Dompet Dhuafa cabang Jawa timur mengunjungi Kampung Ternak yang  merupakan salah satu program dengan tujuan pengembangan pemberdayaan peternak. Jumlah peternak pembinaan dalam program ini sebanyak 12 orang, dengan jumlah ternak 500 ekor domba. Program ini terletak di dua lokasi, yaitu Madiun dan Situbondo.

Masing-masing wilayah terdapat ternak sebanyak 250 ekor. Kapasitas kandang yang dibuat oleh peternak telah disiapkan melebihi target yang di tentukan oleh Dompet Dhuafa, hal ini dimaksudkan agar para peternak binaan memperoleh peluang investasi dari pihak lain. Seperti kandang yang dibuat di Situbondo ini, kandang mampu menampung domba sebanyak 450 ekor.

Tujuan program Kampung Ternak adalah menumbuh kembangkan kelompok ternak dan iklim sosial kewirausahaan dalam komunitas peternakan rakyat sekaligus untuk  meningkatkan kualitas kesejahteraan peternak serta  membangun jaringan peternakan rakyat. Jadi, dapat menikmati hasilnya, yaitu terwujudnya kemandirian lembaga melalui penyelenggaraan bisnis peternakan dan turunannya yang profit, tumbuh, berkesinambungan dan berkah.

Program ini merupakan upaya lembaga untuk memasarkan hewan ternak dari para peternak lokal. Program yang menjadi puncak panen bagi peternak ini menyebarkan hewan kurban ke seluruh pelosok Indonesia, khususnya di Jawa Timur. Dengan tujuan agar daging kurban dapat terasa merata manfaatnya dan tidak menumpuk di kota-kota besar saja.

Dompet Dhuafa berupaya menekan kemiskinan yang ada di Indonesia melalui program-program pemberdayaan. Maka kaum dhuafa dapat diberikan modal, pelatihan, dan diberikan akses dengan pasar agar mampu berdaya, mandiri, dan sejahtera.

Editor: Andika

Tags

Terkini

Murni Korsleting, Kebakaran Muncul dari Jam Digital

Selasa, 21 September 2021 | 10:24 WIB

Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Dibentuk

Selasa, 21 September 2021 | 01:06 WIB

Bank Dunia Puji Vaksinasi Indonesia

Selasa, 21 September 2021 | 00:47 WIB

Apakah Uang bukan Sumber Kebahagiaan? Ini Alasannya

Senin, 20 September 2021 | 23:21 WIB

PKL Malioboro Terima Bansos Sembako

Senin, 20 September 2021 | 20:43 WIB
X