Korupsi Bansos Covid-19: Koalisi Masyarakat Sipil Minta Juliari Dihukum Seumur Hidup

- Senin, 23 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Juliari P Batubara. (suaramerdeka.com / dok)
Juliari P Batubara. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Jelang sidang putusan kasus korupsi bantuan sosial (bansos) penanganan Covid-19, koalisi masyarakat sipil mendesak hakim menjatuhkan hukuman maksimal seumur hidup kepada Mantan Menteri Sosial, Juliari P Batubara.

Lewat konferensi yang disiarkan langsung di Youtube Sahabat ICW pada Minggu (22/08/2021), masyarakat sipil mengharapkan hakim mengambil langkah progresif dengan menjatuhkan vonis di atas tuntutan Jaksa KPK, 11 tahun penjara dan denda Rp500 juta subsider 6 bulan.

Ahmad Fauzi, salah satu Tim Advokasi Bansos melihat ringannya tuntutan tersebut semakin melukai korban korupsi bansos.

Mengingat pasal yang menjadi alas tuntutan, yaitu Pasal 12 huruf b UU Tindak Pidana Korupsi, sebenarnya mengakomodasi penjatuhan hukuman hingga penjara seumur hidup dan denda Rp.1 miliar.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Terus Menurun, Blora Berharap Bisa ke Level 3

Sebelumnya, pada sidang pembacaan nota pembelaan atau pledoi di Pengadilan Tipikor Jakarta Pusat, Juliari P Batubara meminta hakim membebaskannya dari dakwaan Jaksa Penuntut Umum (JPU) terkait kasus korupsi bantuan sosial (bansos) covid-19.

Dalam pledoinya, Juliari P Batubara menyebut alasan terbesarnya agar bebas adalah anak-anaknya yang masih kecil.

Eni Rochayati dari Jaringan Rakyat Miskin Kota yang hadir dalam konferensi pers, menganggap tuntutan 11 tahun tidak adil.

“Menurut kami sebagai korban, tuntutan 11 tahun tidak sepadan dengan apa yang dia perbuat. Kalau pak mantan menteri mempertimbangkan dengan alasan anak, harusnya negara melalui hukum mempertimbangkan lebih banyak anak-anak yang jadi korban karena bantuan untuk keluarganya dikorupsi," tegas Eni.

Baca Juga: Lawan Pandemi Covid-19, Tim Sibat PMI Kota Semarang Malah Terpapar

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Berhasil Kabur, Bandar Narkoba Tabrak Anggota Polisi

Senin, 22 November 2021 | 11:58 WIB

Sepanjang 2021, Polri Tangani 69 Kasus Mafia Tanah

Jumat, 19 November 2021 | 15:11 WIB
X