Batalkan Remisi Djoko Tjandra

Red
- Senin, 23 Agustus 2021 | 01:20 WIB
SM/rep twitter.com - Habiburokhman
SM/rep twitter.com - Habiburokhman

Syarat Kelakuan Baik Dipertanyakan

JAKARTA - Berbagai pihak mendesak pemerintah membatalkan remisi untuk terpidana kasus korupsi Djoko Soegianto Tjandra (Djoko Tjandra). Salah satunya, Partai Gerindra yang menilai remisi bagi Djoko Tjandra tersebut merusak citra pemerintah.

”Remisi bagi Djoko Tjandra benar-benar merusak citra pemerintah. Publik pasti mempertanyakan mengapa Djoko Tjandra sebagai salah satu terpidana korupsi yang kontroversial karena pernah melarikan diri sekian lama, justru mendapatkan remisi,” ujar Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Habiburokhman, Minggu (22/8).

Anggota Komisi III DPR itu juga mempertanyakan dasar pemberian remisi tersebut. Terlebih, pemohonan justice collaborator yang diajukan Djoko Tjandra ditolak majelis hakim.

Untuk diketahui, Pasal 34A Peraturan Pemerintah (PP) No 99 Tahun 2012 mengatur bahwa narapidana harus menjadi justice collaborator untuk dapat remisi.

Justice collaborator merupakan terpidana yang bersedia bekerja sama dengan penegak hukum untuk membantu membongkar tindak pidana yang dilakukannya. ”Kita tahu bahwa dalam persidangan, hakim Pengadilan Tipikor Jakarta menolak permohonan Djoko Tjandra untuk menjadi justice collaborator, karena dia tidak mengakui perbuatannya,” katanya.

Menilik hal tersebut, Habiburokhman menilai, remisi tersebut tidak tepat dan harus dibatalkan, minimal dievaluasi kembali. ”Jangan sampai kerja keras dan prestasi aparat penegak hukum mengusut ribuan perkara korupsi di era pemerintahan Jokowi ini ternoda dengan remisi seorang terpidana korupsi,” katanya.

Pernah Buron

Untuk diketahui, Djoko Tjandra terjerat kasus hukum terkait korupsi cassie Bank Bali. Dalam proses hukum, berdasarkan putusan MANomor: 12/K/PID.SUS/2009 tertanggal 11 Juni 2009, Djoko Tjandra divonis dua tahun penjara.

Halaman:

Editor: Imron Rosadi

Tags

Terkini

KUHP Tidak Berlaku untuk Kegiatan Kemerdekaan Pers

Jumat, 9 Desember 2022 | 11:10 WIB
X