Percepat Penanganan Covid-19, Kemenhub Sediakan Kapal Pelni untuk Isoter

- Minggu, 22 Agustus 2021 | 13:41 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Walikota Medan Bobby Nasution. (Dok. Kemenhub via twitter @kemenhub151)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Walikota Medan Bobby Nasution. (Dok. Kemenhub via twitter @kemenhub151)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyediakan kapal isolasi terpusat (isoter) terapung.

Hal itu merupakan salah satu upaya Kemenhub dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19 di beberapa daerah.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Menteri BUMN Erick Thohir dan Walikota Medan Bobby Nasution, Sabtu, 21 Agustus 2021 meninjau salah satu pelayanan isolasi terpusat terapung KM Bukit Raya, di Pelabuhan Belawan, Medan.

KM Bukit Raya milik PT Pelayaran Nasional Indonesia ini memiliki sekitar 450 fasilitas tempat tidur yang bisa dimanfaatkan oleh masyarakat Medan dan sekitarnya, yang terpapar Covid-19 baik tanpa gejala maupun yang bergejala ringan.

Baca Juga: Sistem Ganjil Genap Masih Dibatasi Selama PPKM Level 4, Polda Metro Jaya Siapkan Opsi Perluasan

"Saat ini sudah sudah ada total 6 (enam) daerah yang sudah tersedia kapal Isoter, antara lain Medan, Makassar, Lampung, Sorong, Bitung dan Jayapura yang melayani isoter terapung," ujar Menhub.

Menhub mengatakan, pada awalnya isolasi terpusat hanya ada di darat. Namun dengan adanya kapal-kapal Pelni yang sementara tidak beroperasi, maka dimanfaatkan untuk isoter.

"Di Makassar, pelaksanaan isoter berjalan sukses. Dari 50 orang yang melakukan isoter di kapal, dalam lima hari sudah bisa sembuh," kata Menhub, seperti dikutip dari akun twitter Kemenhub RI @kemenhub151, Minggu 22, Agustus 2021.

Baca Juga: Diduga Akibat Hujan dan Angin Kencang, Bangunan Atap Bandara Ngloram Ambrol

Selain itu, Menhub juga telah menyiapkan 10-12 kapal lagi yang akan diprioritaskan bagi daerah yang memiliki kasus Covid-19 yang tinggi.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Twitter @kemenhub

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X