Tujuh WNA Ikut Dievakuasi dari Afghanistan, Menlu: Ini Kewajiban Kemanusiaan

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 20:11 WIB
Menlu RI Retno L.P. Marsudi memimpin pertemuan Menlu ASEAN-Rusia. (Humas Kemlu)
Menlu RI Retno L.P. Marsudi memimpin pertemuan Menlu ASEAN-Rusia. (Humas Kemlu)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi mengatakan, Pemerintah berhasil melakukan evakuasi 26 warga negara Indonesia (WNI) dari Afghanistan.

“Dengan mengucap rasa syukur yang luar biasa, alhamdulillah pada dini hari ini warga negara Indonesia dari Afghanistan telah berhasil kita evakuasi dan baru saja tiba dengan selamat di Jakarta,” ujar Menlu saat memberikan keterangan pers, di Jakarta, Sabtu 21 Agustus 2021.

Selain 26 WNI, Menlu menyebutkan ada tujuh warga negara asing (WNA) yang ikut dievakuasi dari Afghanistan.

Retno menyampaikan, lima WNA dari Filiphina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia.

Baca Juga: Bantu Stok Oksigen, Kadin Sebar Bantuan ke Seluruh Indonesia

“Dalam misi evakuasi ini ikut juga lima warga negara Filipina yang memang pemerintahnya meminta bantuan untuk ikut diangkut dalam misi evakuasi Indonesia," lanjut Menlu Retno.

Sedangkan tujuh orang WNA tersebut terdiri dari dua orang warga Afghanistan, yakni satu orang suami dari salah satu WNI dan satu orang lainnya adalah staf lokal KBRI.

"Bantuan membawa warga negara asing dalam misi evakuasi bukan pertama dilakukan. Ini merupakan kewajiban kemanusiaan yang harus dilakukan,” ujar Menlu.

Baca Juga: PSIS Taklukan Sulut United di Laga Ujicoba

Proses evakuasi menggunakan pesawat Boeing 737-400 milik TNI Angkatan Udara dan tiba di Pangkalan TNI Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu, 21 Agustus 2021, sekitar pukul 03.09 WIB dini hari.

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X