Evakuasi WNI dari Afghanistan, Menlu Retno Akui Sulit Izin Mendarat di Bandara Hamid Karzai

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 17:12 WIB
Menlu RI Rerno marsudi men-cutikan terkait kondisi pascaevakuasi WNI dari Afganistan/Tangkapan layar Twitter @Menlu_RI
Menlu RI Rerno marsudi men-cutikan terkait kondisi pascaevakuasi WNI dari Afganistan/Tangkapan layar Twitter @Menlu_RI


JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi menceritakan sulitnya mendapatkan izin mendarat bagi pesawat TNI AU di Bandara Hamid Karzai, Kabul, Afghanistan.

“Perubahan yang sangat cepat menggambarkan dinamika lapangan yang terus berubah. Dengan situasi baru ini berarti kita harus mengurus izin baru lagi,” kata Retno di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Sabtu (21/8) dini hari, seperti dikutip dari Kata data.

Dia menjelaskan bahwa sesuai izin sebelumnya, pesawat TNI AU diizinkan mendarat di Bandara Hamid Karzai pada Kamis 19 Agustus 2021, sekitar pukul 04.10 waktu setempat. Namun mendadak izin mendarat tersebut ditunda dan ditarik karena situasi di lapangan yang tidak kondusif.

Koordinasi intensif dilakukan secara internal maupun eksternal, dari Rabu (18/8) malam hingga Jumat (20/8) dini hari, untuk evakuasi hingga mengurus ulang izin mendarat di Bandara Hamid Karzai, Kabul.

Baca Juga: Menkominfo: Pelaksaan PTM Dinamis, Tetap Utamakan Prinsip Kehati-hatian dan Prokes

Pesawat TNI AU dengan nomor A-7305 itu sebelumnya berangkat pada Rabu (18/8) pukul 06.00 WIB melalui rute Jakarta-Aceh kemudian Kolombo di Sri Lanka, selanjutnya menuju Karachi-Islamabad di Pakistan hingga Kabul, Afghanistan.

"Dalam proses evakuasi ini banyak hal yang harus kami lakukan secara paralel bukan 'one after another'.

Oleh karena itu, begitu pesawat 'take off' dari Halim, maka kami di darat melanjutkan mengurus izin lintas udara dan izin mendarat di Kabul," ujarnya.

Menlu Retno menambahkan operasi evakuasi WNi itu dirancang matang dan penuh kehati-hatian serta "lowkey" atau dilakukan secara senyap.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kemenag Raih Anugerah Meritokrasi KASN 2021

Selasa, 7 Desember 2021 | 21:40 WIB

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X