Menkominfo: Pelaksaan PTM Dinamis, Tetap Utamakan Prinsip Kehati-hatian dan Prokes

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 16:33 WIB
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM). Foto: Antara (Nugroho Wahyu Utomo)
Ilustrasi pembelajaran tatap muka (PTM). Foto: Antara (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate mengatakan seiring membaiknya situas pandemi Covid-19, Pemerintah mengizinkan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas di wilayah PPKM Level 1-3.

"Prinsip kehati-hatian dan penerapan prokes tetap utama demi menjamin keselamatan seluruh insan pendidikan," ujar Menkominfo, Sabtu, 21 Agustus 2021.

Menkominfo mengatakan, pelaksanaan PTM dinamis tergantung pada kondisi wilayah masing-masing.

Seperti di Kabupaten Blitar dan Sumenep Jawa Timur yang sudah lebih dulu, sejak 16 Agustus 2021, untuk tingkat TK hingga SMP.

Baca Juga: Potensi Perikanan di Jateng Cukup Besar, Pertamina Jamin Ketersediaan BBM Industri Berkualitas

"Fokus pemerintah saat ini mengembalikan anak-anak ke PTM dengan cara yang paling aman yakni disiplin protokol kesehatan," katanya.

Johnny menegaskan, PTM tak bisa ditunda hingga pandemi berakhir. Sejumlah ilmuwan memprediksi pandemi akan menjadi suatu yang berkelanjutan atau endemi sehingga perlu beradaptasi.

Dalam pelaksanaan PTM terbatas, tetap mengacu pada SKB 4 Menteri (Mendikbud Ristek, Mendagri, Menkes, Menag) tentang Panduan Penyelenggaraan Pembelajaran di Masa Pandemi COVID-19.

Orang tua, lanjut Johnny, tetap memiliki kewenangan penuh untuk mengizinkan anaknya memilih mengikuti PTM terbatas atau Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Baca Juga: Kabar Tak Ada Slot PNS untuk Guru Honorer di 2022, Komisi X Desak Kemendikbud Beri Penjelasan

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X