Kasus Aktif Covid-19 dan BOR Jawa Timur Turun, Presiden: Jangan Sampai Ada Varian Baru

- Sabtu, 21 Agustus 2021 | 07:30 WIB
Presiden Joko Widodo memberi pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.(BPMI Setpres/Laily RE)
Presiden Joko Widodo memberi pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun.(BPMI Setpres/Laily RE)

MADIUN, suaramerdeka.com - Angka kasus aktif Covid-19 dan tingkat keterisian tempat tidur di rumah sakit atau BOR relatif menurun.

Namun, seluruh unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) se-Provinsi Jawa Timur diminta untuk tetap berhati-hati dan waspada.

Hal tersebut disampaikan Presiden Joko Widodo saat memberikan pengarahan kepada Forkopimda se-Provinsi Jawa Timur di Pendopo Ronggo Djoemeno, Kabupaten Madiun, Kamis (19/08/2021).

“Yang disampaikan Bu Gub tadi sudah turun, BOR-nya turun, kasus aktif turun. Tapi saya minta, tetap minta semuanya hati-hati. Waspada mengenai yang namanya COVID-19 ini. Jangan sampai ada varian baru datang karena bermutasi dan kita tidak waspada tahu-tahu meledak menjadi jumlah yang sangat banyak,” ungkap Presiden dilansir dari laman presidenri.go.id.

Baca Juga: Polri Tangkap 53 Terduga Teroris di 11 Provinsi, Ingin Aksi Teror Saat 17 Agustus

Semua pemangku kepentingan di Jawa Timur lantas diminta Presiden Joko Widodo turut serta dalam menangani pandemi Covid-19 ini dengan bertanggung jawab di wilayahnya masing-masing.

Terkait hal itu, Presiden Joko Widodo menyampaikan sejumlah arahan, antara lain meminta Pangdam dan Kapolda untuk menggerakkan unsur di bawahnya agar mengurusi tempat isolasi terpadu (isoter) bagi masyarakat yang terpapar.

“Kurangi yang isoman (isolasi mandiri), ditarik ke isolasi yang terpusat. Ini akan sangat mengurangi sekali laju penyebaran [Covid-19],” imbuhnya.

Kedua, Presiden meminta agar vaksinasi dipercepat dan meminta seluruh bupati/wali kota untuk segera menghabiskan stok vaksin.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Semarang Hari Ini: Cerah Berawan, Ada Potensi Diguyur Hujan Berintensitas Ringan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Menyikapi Penurunan Kualitas Demokrasi Selama Pandemi

Kamis, 2 Desember 2021 | 21:23 WIB
X