Cegah Penularan Covid-19, Kemenhub Atur Perjalanan Internasional Transportasi Udara

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 10:24 WIB
Pesawat Citilink tengah mengisi bahan bakar di bandara. (suaramerdeka.com / dok)
Pesawat Citilink tengah mengisi bahan bakar di bandara. (suaramerdeka.com / dok)

SOLO, suaramerdeka.com - Melalui SE 63 Tahun 2021, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatur perjalanan internasional transportasi udara.

"Surat Edaran ini bertujuan mencegah terjadinya peningkatan penularan Covid-19, termasuk varian virus SARS-CoV-2 baru yang telah bermutasi menjadi varian Alpha, varian Beta, varian Delta, dan varian Gamma serta potensi berkembangnya virus SARS-CoV-2 varian baru lainnya," jelas Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto, dalam siaran pers.

Dikatakan, larangan masuki wilayah Indonesia, baik secara langsung maupun transit di negara asing, tetap diberlakukan bagi pelaku perjalanan internasional yang berstatus Warga Negara Asing (WNA).

Kecuali yang memenuhi kriteria sesuai ketentuan Permenkumham No. 27 Tahun 2021, skema perjanjian bilateral Travel Corridor Arrangement dan atau mendapatkan izin khusus secara tertulis dari kementerian/lembaga.

Baca Juga: Hingga Akhir Tahun 2021, Pemerintah Amankan 370 Juta Dosis Vaksin

"Bagi Warga Negara Indonesia (WNI) dari luar negeri, diizinkan memasuki Indonesia dengan tetap mengikuti protokol kesehatan ketat," tandasnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, seluruh pelaku perjalanan internasional, baik yang berstatus WNI maupun WNA, harus mengikuti ketentuan atau persyaratan.

Seperti menunjukkan kartu atau sertifikat (fisik maupun digital) dan telah menerima vaksin Covid-19 dosis lengkap.

“WNI dan WNA wajib menunjukkan kartu vaksin Covid-19 dosis lengkap sebagai persyaratan memasuki Indonesia. Jika belum mendapat vaksin di luar negeri maka akan divaksinasi di tempat karantina setibanya di Indonesia setelah dilakukan pemeriksaan RT-PCR kedua dengan hasil negatif," katanya.

Baca Juga: Harga Minyak Turun Terdorong Melonjaknya Kasus Covid-19 dan Penguatan Dolar

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Safar: Program JKN KIS, Jaminan Kesehatan yang Mumpuni

Selasa, 7 Desember 2021 | 14:07 WIB
X