Lagi, Diusulkan Ratu Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional

- Selasa, 26 Maret 2019 | 19:48 WIB
DISKUSI: Sejumlah pengamat dan peneliti hadir pada diskusi ‘’Menghidupkan Kembali Gagasan Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional’’ di Hotel Aston Inn Semarang, Selasa (26/3). (Foto suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)
DISKUSI: Sejumlah pengamat dan peneliti hadir pada diskusi ‘’Menghidupkan Kembali Gagasan Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional’’ di Hotel Aston Inn Semarang, Selasa (26/3). (Foto suaramerdeka.com/Hanung Soekendro)

SEMARANG, suaramerdeka.com  – Setelah gagal tahun 2007, gagasan untuk mengusulkan kembali Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional mengemuka. Saat ini tengah disusun naskah akademik untuk pengusulan kembali ke pemerintah pusat.

Ada sejumlah pertimbangan mengapa Ratu Kalinyamat dinilai patut diberi penghargaan pahlawan nasional.

Menurut Pengamat Pertahanan Militer Connie Rahakundini Bakrie mengatakan Ratu Kalinyamat merupakan pemimpin Jepara waktu itu, yang memiliki pemikiran pertahanan militer maritim sangat hebat. Sebab, armada maritim Ratu Kalinyamat cukup besar dan ditakuti penjajah Portugis. Usulan Ratu Kalinyamat menjadi pahlawan nasional dianggap cukup tepat dan memiliki alasan yang kuat.

Connie menjelaskan, penolakan usulan yang pernah terjadi karena tumpah tindih sejarah dengan cerita mitos masyarakat. Namun, dengan bukti fisik yang ada bisa dijadikan dasar untuk mengajukan kembali Ratu Kalinyamat sebagai pahlawan nasional.

"Beliau adalah pahlawan maritim. Di abad XV, Jepara menjadi sumber kekuatan industri galangan kapal, dagang dan perang terbesar di Asia Tenggara. Sekali lagi, saya mendorong menjadi pahlawan nasional dalam tiga aspek apa yang sudah dilakukan Ratu Kalinyamat. Yaitu aspek politik, ekonomi dan pertahanan," kata Connie di sela diskusi "Menghidupkan Kembali Gagasan Kalinyamat Sebagai Pahlawan Nasional" di Hotel Aston Inn Semarang, Selasa (26/3).

Connie lebih lanjut menjelaskan, apabila usulan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat disetujui, akan memberikan dampak luar biasa kepada masyarakat setempat. Sehingga, bisa menjadi semangat bangsa Indonesia di dunia maritim.

Perwakilan dari Dinas Sosial Jawa Tengah Adji Hadi Prakoso menambahkan, usulan pengajuan gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat memang sempat ditolak. Saat itu, pemerintah pusat menganggap jika Ratu Kalinyamat adalah mitos dan legenda lokal tanah Jepara.

Oleh karena itu, jelas Adji, jika akan mengusulkan kembali gelar pahlawan nasional untuk Ratu Kalinyamat, maka harus disertai bukti-bukti akademis pendukung yang kuat.

Editor: Maya

Tags

Terkini

X