Indonesia Terima 1,56 Juta Dosis Vaksin Pfizer dan 450 Ribu Dosis Vaksin AstraZeneca

- Jumat, 20 Agustus 2021 | 08:00 WIB
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers secara virtual terkait kedatangan vaksin Covid-19 pada Kamis, 19 Agustus 2021. (BPMI Setpres)
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi memberikan keterangan pers secara virtual terkait kedatangan vaksin Covid-19 pada Kamis, 19 Agustus 2021. (BPMI Setpres)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dukungan dari Pemerintah Belanda melalui kerja sama bilateral dan 1,56 juta dosis vaksin Pfizer yang diperoleh melalui jalur komersial, tiba di Tanah Air, Kamis (19/8/2021) malam.

“Kami menerima 450 ribu dosis vaksin AstraZeneca yang merupakan dose-sharing dari Pemerintah Belanda," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, dalam keterangan pers yang disampaikan secara virtual, Kamis (19/08/2021).

"Kedatangan vaksin AstraZeneca adalah pengiriman tahap pertama dari komitmen Pemerintah Belanda untuk memberikan dukungan 3 juta dosis vaksin bagi Indonesia melalui mekanisme kerja sama bilateral dose-sharing mechanism,” tambahnya. 

Pemerintah, ditegaskan Menlu, akan terus bekerja keras untuk memenuhi kebutuhan vaksin bagi masyarakat Indonesia demi segera tercapainya kekebalan komunal atau herd immunity.

Baca Juga: Pasien Sembuh dari Covid-19 Tambah 29.012 Orang, Kumulatif Tembus 3,4 Juta

“Pemerintah juga telah melakukan pembelian 1.560.780 dosis vaksin Pfizer yang telah tiba tadi siang. Kemudian 567.500 dosis vaksin AstraZeneca dan lima juta vaksin Sinovac yang akan diterima besok (hari ini-red)."

"Pemerintah akan terus meningkatkan ikhtiar guna menjamin pasokan vaksin untuk kebutuhan rakyat Indonesia,” ujarnya.

Terkait dukungan vaksin yang diperoleh dari Pemerintah Belanda, Retno mengungkapkan pembicaraan mengenai dukungan tersebut telah dilakukannya dengan Menlu Belanda Sigrid Kaag dan Perdana Menteri Belanda Mark Rutte di Den Haag, Belanda, pada tanggal 1 Juli 2021 lalu.

“Atas nama Pemerintah Indonesia saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Pemerintah Belanda atas dukungan dose-sharing vaksin yang telah diberikan, serta kerja sama yang lebih erat ke depannya,” ucapnya.

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

7 Fakta Meninggalnya Ameer Azzikra, Adik Alvin Faiz

Senin, 29 November 2021 | 18:55 WIB
X