Kasus COVID-19 Nasional Alami Tren Perbaikan, Wiku Sebut 9 Provinsi Ini Belum Membaik

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 20:25 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito. (suaramerdeka.com / dok) (Nugroho Wahyu Utomo)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Ketua Tim Pakar Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito menyampaikan bahwa kasus COVID-19 di tingkat nasional mengalami tren perbaikan dalam tiga hingga empat pekan terakhir.

"Hal ini tentunya menjadi kabar baik dan semangat bagi kita semua untuk dapat terus berupaya menekan kasus COVID-19 setidaknya hingga mencapai keadaan seperti sebelum terjadi lonjakan kasus," ujar Wiku dalam konferensi pers via daring di Jakarta, Kamis (19/8).

Ia mengemukakan, pada periode 9-15 Agustus ini terjadi penurunan kasus positif di 25 provinsi atau 73 persen dari seluruh provinsi di Indonesia.

Baca Juga: Bamsoet Minta Transgender Dipermudah Urus KK, Punya Hak Sama Terima Vaksin

Ia menyebutkan provinsi yang paling banyak mengalami penurunan kasus positif, yakni Jawa Barat turun 7.128 kasus, DKI Jakarta turun 5.201 kasus, Jawa timur turun 4.407 kasus, Kalimantan timur turun 2.959, dan NTT turun 2.866 kasus.

Ia menambahkan, penurunan kasus ini juga diiringi positivity rate dari sebelumnya 23,57 persen pada tanggal 2-8 Agustus, menjadi 21,48 persen pada 9-15 Agustus atau turun 2,09 persen.

"Artinya, sebagian besar provinsi di Indonesia sudah mengalami perbaikan dan semakin dapat mengendalikan penularan," ujar Wiku.

Baca Juga: Nggak Mau Kalah sama yang Muda, Intip yang Tetap Cantik di Usia Senja

Namun, ia mengatakan, sayangnya masih ada sembilan provinsi yang masih menunjukkan angka kenaikan kasus pada periode itu.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X