Kasus Covid-19 Terus Turun, Pemerintah Jangan Sampai Kehilangan Fokus

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:06 WIB
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)
Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat (suaramerdeka.com/dok)


JAKARTA, suaramerdeka.com - Para pemangku kepentingan dan masyarakat diharapkan tidak kehilangan fokus dalam proses pengendalian Covid-19, seiring dengan tren penurunan jumlah kasus positif di sejumlah daerah.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan Rabu (18/8), kasus baru positif Covid-19 bertambah 15.768 pasien dalam sehari, menurun dibandingkan Selasa (17/8) 20.741 kasus.

Meski masih di atas 1.000 kasus, indikator angka kematian juga mulai menurun dari 1.180 kasus pada Selasa (17/8) menjadi 1.128 kasus pada Rabu (18/8).

"Tren penurunan jumlah kasus positif Covid-19 di tanah air sedang terjadi saat ini, tetapi perlu disadari bersama tujuan kita bersama adalah mengendalikan penyebaran Covid-19, bukan sekadar berkurangnya jumlah kasus," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat dalam keterangan tertulisnya, Kamis, 19 Agustus 2021.

Baca Juga: Turis Asing Benci Ini dari Orang Indonesia, Yuk Kepoin!

Lestari berharap, semua pihak tidak cepat puas diri terhadap capaian tersebut, karena tujuan sesungguhnya sejumlah kebijakan yang diterapkan selama ini adalah terkendalinya sebaran Covid-19 di tanah air, sesuai dengan standar yang ditetapkan WHO.

Dari sisi pemangku kepentingan, ujar Lestari, berbagai upaya untuk melakukan diagnosa dengan test swab antigen atau PCR, harus terus dipermudah lewat keterjangkauan harga dan akses misalnya.

Selain itu kesiapan fasilitas kesehatan dalam menangani kasus positif Covid-19 juga harus ditingkatkan, sehingga bisa mengantisipasi bila terjadi lagi lonjakan kasus.

Baca Juga: Ibu Menyusui Jangan Khawatir Stok ASI Berkurang, Bra Pemijat Ini Solusinya

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X