Lindungi Anak Terdampak Pandemi, Mensos Matangkan Skema Bantuan

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 17:04 WIB
Mensos Tri Rismaharini (Tim SMcom04)
Mensos Tri Rismaharini (Tim SMcom04)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Menteri Sosial Tri Rismaharini memastikan negara memberikan perlindungan kepada masyarakat terdampak pandemi, termasuk anak-anak.

Pemerintah, kata Risma, tengah mematangkan skema perlindungan bagi anak yang mengalami keterpisahan dengan orangtuanya akibat pandemi.

Pandemi telah menyebabkan anak terpisah dengan orangtuanya karena disebabkan isolasi mandiri atau orangtua yang meninggal dunia.

Mensos mengatakan, negara perlu mengalokasikan anggaran untuk memberikan perlindungan terhadap anak-anak yang mengalami keterpisahan dengan orangtuanya, termasuk anak yatim.

Baca Juga: Update Covid 19 Agustus: Bertambah 22.053, Kasus Covid-19 Kini Capai 3.930.300 Orang

Mensos Risma menyatakan, pihaknya tengah membicarakan kemungkinan adanya alokasi anggaran untuk keperluan itu dengan Kementerian Keuangan.

"Saya sudah berbicara dengan ibu Menkeu agar bisa didukung dari anggaran. Bantuan untuk anak-anak tersebut menjadi kewajiban negara. Sebagaimana amanat konstitusi pada Pasal 34 UUD 1945, bahwa fakir miskin dan anak-anak terlantar dipelihara oleh negara," kata Mensos Risma di Jakarta, Kamis, 19 Agustus 2021.

Pemerintah bersama Kementerian Keuangan dan Bappenas sedang mematangkan skema bantuan tersebut. Karena memang tidak mudah memutuskan skema bantuan yang tepat disebabkan kondisi yang sangat beragam.

"Sekarang ini sedang dimatangkan. Tidak mudah (menyusun skema bantuan) memang, karena Indonesia ini luas dan karakteristik daerahnya macam-macam. Kalau aku kemarin di Surabaya enggak begitu luas, jadi mudah," kata Risma.

Baca Juga: Tes PCR Melebihi Tarif yang Ditetapkan, Kabareskrim Minta Masyarakat Lapor

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Kemensos

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Baru Sebulan Diresmikan, Jembatan di Karawang Ambles

Sabtu, 29 Januari 2022 | 12:41 WIB

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X