Kemenkes Klaim Tarif PCR RI Termurah, Luar Jawa-Bali Lebih Mahal dari Vietnam dan Malaysia

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 14:26 WIB
TES SWAB: Petugas Puskesmas Magelang Utara melakukan tes swab antigen dan PCR kepada mahasiswa Untidar yang kontak erat dengan klaster gathering mahasiswa. (suaramerdeka.com/Asef Amani)   
TES SWAB: Petugas Puskesmas Magelang Utara melakukan tes swab antigen dan PCR kepada mahasiswa Untidar yang kontak erat dengan klaster gathering mahasiswa. (suaramerdeka.com/Asef Amani)  

JAKARTA, suaramerdeka.com - Kementerian resmi menurunkan harga pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR). Tarif terbaru yang dikeluarkan mengalami penurunan sebanyak 45 persen dari harga sebelumnya.

Tarif baru ini ditetapkan melalui SE Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan HK.02.02/I/2845/2021

Untuk Pulau Jawa dan Bali tarif PCR sekarang Rp495 ribu. Sedangkan untuk di luar Pulau Jawa dan Bali dengan harga Rp525 ribu.

Kementerian Kesehatan RI mengklaim harga tes PCR (Polymerase Chain Reaction) di Indonesia termurah kedua dibanding negara-negara di ASEAN.

Baca Juga: Arsenal dalam Laju Buruk, Disarankan Ganti Mikel Arteta dengan Antonio Conte

Dalam keterangannya seperti dikutip dari Kata data, Kemenkes membandingkan tarif PCR di Indonesia dengan harga tes swab PCR di Thailand sebesar Rp 1,3-2,8 juta, Singapura Rp 1,6 juta, Filipina Rp 437 ribu -1,5 juta, Malaysia Rp 510 ribu, dan Vietnam Rp 460 ribu

Batas tarif tertinggi berlaku untuk masyarakat yang melakukan pemeriksaan RT-PCR atas permintaan sendiri atau tes mandiri

Batas tarif tertinggi tidak berlaku untuk kegiatan penelusuran kontak (tracing) atas rujukan kasus Covid-19 ke rumah sakit yang mendapatkan bantuan pemeriksaan RT-PCR dari pemerintah atau merupakan bagian dari penjaminan pembiyaan pasien Covid-19

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Kata Data

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X