Purnapaskibraka Tahun 2021 Jadi Duta Pancasila, Presiden: Jadilah Motivator bagi Anak-anak Muda

- Kamis, 19 Agustus 2021 | 08:36 WIB
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para Purnapaskibraka tahun 2021 yang juga ditetapkan menjadi Duta Pancasila (BPMI Setpres/Muchlis Jr)
Presiden Joko Widodo memberikan pengarahan kepada para Purnapaskibraka tahun 2021 yang juga ditetapkan menjadi Duta Pancasila (BPMI Setpres/Muchlis Jr)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Presiden Joko Widodo ingin agar nilai-nilai Pancasila dibumikan dalam kehidupan sehari-hari.

Hal itu diungkapkan saat memberi arahan pada para Purnapaskibraka tahun 2021 yang juga ditetapkan menjadi Duta Pancasila, di halaman tengah Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (18/08/2021).

“Kenapa Saudara-Saudara semuanya dijadikan Duta Pancasila? Kita ingin Pancasila ini menjadi ideologi yang bekerja sehingga harus kita bumikan dalam kehidupan kita sehari-hari, bukan hanya slogan, bukan hanya hafalan, seperti tadi disampaikan oleh Bu Mega."

"Nilai-nilai luhur yang terkandung di dalamnya harus menjadi panduan, harus menjadi inspirasi bagi seluruh anak bangsa dalam karya nyata di dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara,” ungkap Presiden.

Baca Juga: Konsumsi Beras Nasional Terus Meningkat, Pelonggaran Hambatan Perdagangan Diperlukan

Pemilihan para Purnapaskibraka menjadi Duta Pancasila juga didasari pentingnya membumikan Pancasila dengan cara-cara baru dan pendekatan yang lebih kekinian sehingga nilai-nilai Pancasila bisa tertanam di generasi muda.

Untuk itu, Presiden mengapresiasi pemilihan para putra-putri terbaik bangsa tersebut sebagai Duta Pancasila.

“Ini sebuah langkah terobosan karena anggota Paskibraka merupakan putra-putri terbaik, putra-putri pilihan dari seluruh penjuru Tanah Air, dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas sampai Pulau Rote."

"Mendapatkan tugas yang tidak ringan yaitu memperkuat nilai-nilai Pancasila di kalangan anak-anak muda dan yang paling penting juga menjaga agar Pancasila tetap kokoh, sebagai pemersatu bangsa,” paparnya.

Baca Juga: Kemarau Basah, Peternak Diimbau Waspada Potensi Penyakit pada Hewan

Halaman:

Editor: Andika Primasiwi

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X