Ridwan Kamil: Deklarasi Kemerdekaan dari Covid-19 Makin Dekat

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 17:37 WIB
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)
Ridwan Kamil. (suaramerdeka.com / dok)

BANDUNG, suaramerdeka.com - Dalam momentum Agustusan, Gubernur Jabar, Ridwan Kamil menyebut kondisi penanganan Covid-19 pasca penerapan PPKM Level yang cenderung terus membaik patut disyukuri. Baginya, itu merupakan sinyal positif untuk lepas dari pandemi.

Hal itu dilontarkan Emil saat memberikan amanat pada Upacara Pengibaran Bendera Sang Merah Putih dalam Rangka Peringatan Hari Ulang Tahun ke-76 Kemerdekaan RI Tingkat Provinsi Jawa Barat di Gedung Sate, Kota Bandung, Selasa, 17 Agustus 2021.

"Tujuh puluh enam tahun silam para founding fathers kita mendeklarasikan kemerdekaan kita kepada para penjajah. Hari ini kita juga semakin dekat untuk mendeklarasikan kemerdekaan kita dari virus yang mematikan ini," katanya.

Kendati demikian, itu bukan berarti perang melawan Civid-19 sudah berakhir. Sebab, katanya, masih ada beberapa pekerjaan rumah yang harus dilakukan untuk bisa merdeka dari serangan wabah tersebut.

Baca Juga: Momentum HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, PDI Perjuangan Jabar Sambangi RS, Apresiasi Tinggi Nakes

"Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan namun makna dari deklarasi ini adalah panggilan untuk bertindak bukan untuk berpuas diri atau mengklaim kemenangan," ujar mantan Walikota Bandung itu.

Sukses itu di antaranya ditandai dengan penurunan bed occupancy rate (BOR) rumah sakit yang menyentuh angka 28 persen. Sebelumnya, BOR di Jabar mencapai angk 91 persen.

Untuk itu, dia menyebut kolaborasi dengan elemen lainnya tetap menjadi kunci penanganan. Dia menyebut penanganan pada saat kasus menunjukan tren meninggi sehingga PPKM Darurat sebeluk menjadi PPKM Level diberlakukan.

Di antaranya penyediaan 7.700 pusat isolasi desa yang memanfaatkan bangunan-bangunan pemerintah TNI/Polri, hotel-hotel, hingga apartemen, kemudian posko oksigen Jabar untuk menanggulangi kekurangan oksigen di rumah sakit maupun pasien isolasi mandiri di seluruh Jabar.

Baca Juga: Ikuti Upacara Virtual HUT Ke-76 Kemerdekaan RI, UIN Walisongo Tebar Semangat Ketangguhan pada Pegawai

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Tags

Terkini

Banjir Bandang di Garut, 21 Rumah Rusak

Minggu, 28 November 2021 | 08:42 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X