Detik-detik Proklamasi: 8 Pesawat Tempur F-16 AU Aksi Formasi 'Arrow Head' di Ketinggian 1.000 Kaki

- Selasa, 17 Agustus 2021 | 14:30 WIB
Letkol Penerbang Agus dari dalam kokpit pesawat F-16 Fighting Falcon yang ditayangkan di kanal Youtube
Letkol Penerbang Agus dari dalam kokpit pesawat F-16 Fighting Falcon yang ditayangkan di kanal Youtube



JAKARTA, suaramerdeka.com - Sebanyak delapan pesawat tempur F-16 TNI AU dengan "call sign" Garuda Flight membentuk "Arrow Head Formation" saat Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia tahun 2021 di Istana Merdeka Jakarta, Selasa (17/8).

Formasi tersebut dipimpin oleh Letkol Penerbang Agus Dwi Aryanto alumni Akademi Angkatan Udara tahun 2002 yang dalam kesehariannya menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 3.

"Kami elang-elang Angkatan Udara menjaga Tanah Air dari ketinggian 1.000 kaki mengucapkan selamat ulang tahun ke-76 Kemerdekaan Republik tahun 2021, Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Salam Swa Bhuwana Paksa. Merdeka," kata Letkol Penerbang Agus dari dalam kokpit pesawat F-16 Fighting Falcon yang ditayangkan di kanal Youtube "Sekretariat Presiden".

Baca Juga: Gejolak Berlanjut, Ketua DPC Partai Demokrat Kota Magelang Diadukan ke Polisi

Formasi "Arrow Head" dari 8 pesawat tempur F-16 Fighting Falcon tersebut melintas dan melakukan manuver "bomb burst" pada ketinggian 1.000 kaki di atas permukaan laut, tepat di atas para peserta upacara.

Selain atraksi F-16, TNI AU juga menyemarakkan Upacara HUT Ke-76 RI dengan melakukan "flypass" membawa bendera 20x30 meter.

"Nusantara Flight" terdiri dari tiga helikopter dengan "giant flight formation" itu dipimpin oleh Letnan Kolonel Ahmad M Mulyono alumni Akademi AU tahun 2002. Atraksi tersebut ditampilkan di penghujung upacara kemerdekaan.

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Antara

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gunung Semeru Meletus, Ini Sejarah Letusannya

Minggu, 5 Desember 2021 | 07:45 WIB
X