Dihadirkan Kembali, Naskah Asli Teks Proklamasi Diharapkan Menambah Kekhidmatan HUT ke-76 RI

- Senin, 16 Agustus 2021 | 22:32 WIB
Teks proklamasi versi ketikan dan tulisan tangan. (suaramerdeka.com / dok)
Teks proklamasi versi ketikan dan tulisan tangan. (suaramerdeka.com / dok)

JAKARTA, suaramerdeka.com - Naskah asli Teks Proklamasi tulisan tangan Ir. Soekarno akan kembali dihadirkan dan ditayangkan pada Peringatan HUT ke-76 RI, Selasa 17 Agustus 2021.

Teks Proklamasi akan ditayangkan pada upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Kepala Biro Administrasi Sekretariat Presiden (Setpres) Sony Kartiko, Senin, 16 Agustus 2021, mengunjungi Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) untuk melakukan serah terima naskah asli Teks Proklamasi tersebut.

Dokumen bersejarah tersebut nantinya akan ditampilkan di mimbar kehormatan saat upacara berlangsung di halaman Istana Merdeka, Jakarta.

Baca Juga: PPKM Diperpanjang Hingga 23 Agustus, Diteruskan Selama Pandemi

“Pada pagi hari ini, secara bersama-sama kita saksikan arsip negara yaitu naskah Teks Proklamasi tulisan tangan Bung Karno yang merupakan bukti sejarah yang sangat bernilai tinggi, bernilai sangat berharga untuk kita semua bangsa Indonesia," ujar Sony, di Gedung O, ANRI, Jakarta Selatan.

"Telah kami terima dari ANRI yang selanjutnya akan kami bawa ke Istana Merdeka dan rencananya besok pada tanggal 17 Agustus 2021, dokumen tersebut akan dihadirkan dan disandingkan dengan bendera pusaka pada Upacara Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia yang berada di mimbar kehormatan,” tambahnya.

Proses serah terima dilakukan oleh Direktur Preservasi ANRI Kandar kepada Sony Kartiko.

Turut menyaksikan serah terima antara lain Kepala ANRI Imam Gunarto, Plt. Deputi Konservasi Arsip ANRI Multi Siswati, Kepala Biro Perencanaan dan Humas ANRI Widarno, dan Kepala Biro Umum Sekretariat Presiden Erry Hermawan.

Baca Juga: HUT ke-76 RI, Menag: Kemerdekaan Hak Mendasar, Pandemi Mendewasakan Negeri

Halaman:

Editor: Rosikhan Anwar

Sumber: Setkab RI/Kepresidenan

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Gita Amperiawan Jadi Dirut DI yang Gres

Jumat, 28 Januari 2022 | 00:13 WIB
X