Memaknai Arti Proklamasi, Sebagai Titik Kulminasi Perjuangan Bangsa

- Senin, 16 Agustus 2021 | 21:32 WIB
Foto Bersejarah Proklamasi Kemerdekaan Karya Mendur Bersaudara/Foto dokumentasi ANRI
Foto Bersejarah Proklamasi Kemerdekaan Karya Mendur Bersaudara/Foto dokumentasi ANRI




SEMARANG, suaramerdeka.com - Indonesia, esok akan memeringati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, yang 76 tahun lalu ditandai dengan pembacaan naskah proklamasi oleh Soekarno-Hatta. Lalu, sebenarnya apa makna dari Proklamasi?

Proklamasi merupakan pernyataan resmi bangsa Indonesia tentang kemerdekaan dan bebas dari belenggu penjajah, sehingga Indonesia bebas dan berdaulat dalam menentukan sendiri nasib negara dan rakyatnya.

Proklamasi dikumandangkan oleh Soekarno tanggal 17 Agustus 1945 di Pegangsaan Timur no 56. Naskahnya ditandatangani oleh Soekarno dan Moh. Hatta atas nama bangsa Indonesia.

Proklamasi memiliki arti penting bagi bangsa Indonesia, yaitu sebagai berikut ini, dilansir dari Rumah Belajar Kemendikbud :

- Merupakan kulminasi/puncak perjuangan bangsa Indonesia. Titik puncak dari akhir perjuangan bangsa Indonesia melawan penjajah.

- Sumber hukum bagi pembentukan negara kesatuan Republik Indonesia. Terbentuknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

- Awal berlakunya hukum nasional, akhir berlakunya hukum kolonial. Hukum kolonial yang diberlakukan oleh penjajah diganti dengan hukum nasional.

- Titik tolak pelaksanaan amanat penderitaan rakyat. Sebagai awal dari bebasnya penderitaan rakyat dari kemiskinan, ketdakbebasan, kebodohan dan tanam/kerja paksa.

Untuk mewarisi semangat proklamasi maka sikap yang harus dikembangkan adalah:

- Memiliki keimanan dan ketaqwaan sebagai perwujudan rasa syukur terhadap Tuhan. Keimanan dan ketaqwaan yang dicontohkan oleh para pahlawan harus menjadi semangat yang menjiwai rakyat Indonesia dalam mengisi kemerdekaan.

Halaman:

Editor: Edyna Ratna Nurmaya

Sumber: Rumah Belajar Kemendikbud

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Liga Spanyol: Barcelona Menang 3-1 di Kandang Villarreal

Minggu, 28 November 2021 | 05:26 WIB

Rais Aam PBNU Putuskan Muktamar 17 Desember

Jumat, 26 November 2021 | 23:03 WIB
X